PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Eva Susanti Ginting, Rosmawaty Rosmawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Take And Give Terhadap  Kemampuan Menyunting Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 211 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan  desain one group pre-test post-test design.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 63,29, sedangkan kemampuan siswa menyunting teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,43 Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan t_hitung(4,87)>t_tabel(2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan H_o ditolak dan H_a diterima, berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Take And Give Terhadap  Kemampuan Menyunting  Teks Prosedur  Kompleks Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menyunting teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give lebih baik daripada hasil pembelajaran menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe take and give berpengaruh positif terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks.

Kata kunci: Aktif Tipe Take And Give, Menyunting Teks Prosedur Kompleks


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i1.3771

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Eva Susanti Ginting, Rosmawaty Rosmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.