PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI CERPEN “DOKTER” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen “Dokter” karya Putu Wijaya pada siswa kelas X AK 3 MK Negeri 1 Sidikalang yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 359 orang. Dari jumalah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 39 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one-group pre-test posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning termasuk kategori baik dengan rata-rata 76,66, sedangkan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen sebelum menerapkan model discovery learning termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 52, 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan . Pengujian hipotesis thitung = 6,09 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena thitung = 6,09> ttabel = 1,99 maka hipoteis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen “dokter” karya Putu Wijaya
Kata kunci: model pembelajaran discovery learning, menemukan nilai cerpen”Dokter”
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i1.3774
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Evi Kristina Br Ujung, Malan Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.