PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Friani Herlinda Br Sijabat, Syamsul Arif

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 324 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sample. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Nilai rata-rata pre-test adalah 63,80, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,72. Nilai rata-rata pre-test tergolong dalam kategori kurang, dan nilai rata-rata post-test tergolong dalam kategori baik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 35. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek.

Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, meringkas teks cerita pendek

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i2.3783

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Friani Herlinda Br Sijabat, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.