HUBUNGAN MEMBACA KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MERESENSI NOVEL “REMBULAN MERAH” OLEH SISWA KELAS XI SMA DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Rosinta Mauli Sinaga, Rosmawaty Rosmawaty

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” oleh siswa  kelas XI SMA Dharma Bakti Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Dharma Bakti sebanyak 105 orang siswa. Dari  105 orang siswa diambil secara acak (random sampling) dan diperoleh sampel sebanyak 38 siswa.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Data membaca kritis diperoleh dengan menggunakan tes objektif dan data meresensi novel diperoleh dengan menggunakan tes uraian essay. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus homogenitas product moment oleh Karl Person dengan angka kasar.Dari hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa kemampuan membaca kritis siswa kelas XI SMA Dharma Bakti Medan adalah cukup dengan nilai rata-rata 69,34. Kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” adalah baik dengan nilai rata-rata 77,5.Selanjutnya untuk mengetahui besarnya kontribusi membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel “Rembulan Merah” dilakukan dengan cara determinasi yaitu r2 x 100%. Pada perhitungan sebelumnya diperoleh nilai rhitung = 0,77, sehingga diperoleh besarnya kontribusi membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel yaitu (0,77)2 x 100% = 59,29%.Dari hasil perhitungan di peroleh rhitung > rtabel (0,77 > 0,261) pada taraf signifikan 5% yang bermakna adanya hubungan positif  yang signifikan antara membaca kritis dengan kemampuan meresensi novel oleh siswa kelas XI SMA Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Kata kunci : Membaca Kritis, Kemampuan Meresensi Novel


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i2.3793

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rosinta Mauli Sinaga, Rosmawaty Rosmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.