PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 215 siswa SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa. Sampel diambil secara purposive, yaitu kelas eksperimen 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca puisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,10, sedangkan kemampuan siswa membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,93. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (7,19)> ttabel (2,05) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaraan membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca puisi.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Membaca Puisi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i3.3800
Article Metrics
Abstract view : 172 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Ruth Yanti Sinaga, Muhammad Surip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.