PENGARUH METODE KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KERAJAAN KAB. PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sariduma Sinaga, Rosmawaty Rosmawaty

Abstract


ABSTRAK

.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan Kab. Pakpak Bharat tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan Kab. Pakpak Bharat yang berjumlah 116 orang yang terbagi ke dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan model one grouppre-testpost-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen sebelum menggunakan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) adalah 63,83 termasuk dalam kategori cukup dengan standar deviasi sebesar 9,01 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen sesudah menggunakan metode KWL (Know, Want To Know, Learned)  adalah 77,5 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi sebesar 7,93. Berdasarkan perhitungan uji normalitas pada pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas yang telah dilakukan didapat  bahwa varians populasi adalah homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,15. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df=30 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar daripada tabel yaitu 6,15 > 2,04, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan kab. Pakpak Bharat tahun pembelajaran 2014/2015.

 

 

Kata Kunci: Pengaruh Metode KWL (Know, Want To Know, Learned), Memahami Unsur

Intrinsik Cerpen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i3.3802

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sariduma Sinaga, Rosmawaty Rosmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.