PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS OLEH KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015

Setia Ekawati, Mutsyuhito Solin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap  Kemampuan Menulis  Teks Eksplanasi Kompleks oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 138 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan  desain one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 63,29, sedangkan kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,14.

Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan  (4,68)  >   (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan  ditolak dan  diterima, berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap  Kemampuan Menulis  Teks Eksplanasi  Kompleks Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks.

 

Kata kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Menulis Teks

Eksplanasi Kompleks


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i3.3804

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Setia Ekawati, Mutsyuhito Solin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.