HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI DRAMA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARI TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan teori drama siswa dan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 303 siswa. Dari 303 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 33 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda dan uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan product moment.
Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan teori drama masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,32. Sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama dari teks cerpen masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,48. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (0,706)> ttabel (0,344) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan teori drama dengan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Teori drama, Menulis Naskah Drama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i4.3812
Article Metrics
Abstract view : 286 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Siti Zahara, T. R. Pangaribuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.