PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Populasi penelitian ini berjumlah 256 orang siswa dan berjumlah 24 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test andpost-test design yang dilakukan pada satu kelas (kelomok) saja dengan dua kali tes. Tes pertama disebut pre-test, yakni sebelum menggunakan media film dokumenter dan tes kedua disebut post-test, yakni setelah menggunakan media film dokumenter.Dari hasil pengolahan data yang didapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 63,96 dan standar deviasi adalah 7,51. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 82,29 dan standar deviasi dalah 7,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 8,15 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 23. Pada tabel t dengan dk=23 diperoleh =2,07. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika > yaitu 8,15 > 2,07, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis aternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter berpengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Media Film Dokumenter, Teks Deskripsi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v4i4.3814
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Sorta Maria Reski BR Hutabarat, H. Sigalingging
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.