PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Nanda Risanti, Abdurrahman Adisaputera

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa. Dari 160 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil menggunakan system (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan  menulis teks laporan hasil observasi siswa seelum menggunakan model Pembelajaran saintifik tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 56,67, sedangkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran saintifik tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82,4. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (2,01)  ttabel (1,68) pada taraf signifikan  0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

 

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Saintifik, Teks Laporan Hasil Observasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i1.3900

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nanda Risanti, Abdurrahman Adisaputera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.