PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 9 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hafiza Hafiza, Rosdiana Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis berita oleh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan. Sampel diambil secara random sampling (acak kelas), yaitu sebanyak 35 siswa kelas VIII-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis puisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.

Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis berita sebelum menggunakan media gambar berseri termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61,6 sedangkan sesudah menggunakan media gambar berseri termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,9. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 15,38 > 2,03 pada taraf signifikan  = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan terhadap media gambar berseri dalam menulis teks berita.

Hal ini membuktikan bahwa media gambar berseri berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: Media Gambar Berseri, Kemampuan Menulis Berita.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i1.3901

Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Hafiza Hafiza, Rosdiana Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.