ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Irmalisa Sirait, Frinawaty L Barus

Abstract


Pendekatan saintifik lahir dengan mengadaptasi scientific learning.  Istilah scientific learning diadaptasikan ke Indonesia menjadi pembelajaran saintifik atau disebut juga sebagai pembelajaran ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Secanggang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru I sangat baik dengan persentase 90 %, guru II dalam kategori cukup baik dengan persentase 77,5 %, begitu juga dengan guru III dalam kategori cukup baik dengan persentase 72,5 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang sudah cukup baik.Dari hasil penelitian dalam penerapan pendekatan saintifik, aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan yang ada pada pendekatan santifik guru rata-rata hanya melaksanakan 3M yaitu mengamati, mengumpulkan informasi atau mencoba, dan mengkomunikasikan atau menyajikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

 

     Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Guru Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13118

Article Metrics

Abstract view : 374 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irmalisa Sirait, Frinawaty L Barus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.