PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WURYANTORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sri Wahyuni, Sri Muryati, Suparmin Suparmin

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran evaluatif teks biografi pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro, (2) pelaksanaan pembelajaran mengevaluasi hal-hal keteladanan teks biografi pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro , (3) Penilaian akademik menilai apa yang dapat ditiru dari teks biografi pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro. Tata riset ini memakai tata riset deskriptif berupa penelitian kualitatif. Informasi yang diperoleh dari proses pembelajaran pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri Wuryantoro. Informasi dalam penelitian ini diantaranya berbentuk kata, kalimat yang relevan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran teks biografi. Metode pengumpulan riset ini menggunakan pengamatan, pencatatan, dan dokumentasi. Langkah yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini, yaitu: data reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil riset ini bisa disimpulkan ialah mencakup 1) perencanaan untuk melakukan pembelajaran evaluatif pada teks biografi yang ditulis oleh guru telah berdasarkan pedoman Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, meliputi pengembangan capaian pembelajaran, tahapan, serta penilaian, 2) pelaksanaan pembelajaran teks biografi dilakukan saat pertemuan kedua di KD. 3.14 dimulai dengan kegiatan pendahuluan, dasar, dan penutup, 3) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara penilaian di akhir pembelajaran dengan mengumpulkan hasil pekerjaan ke guru bahasa Indonesia meliputi penilaian pengetahuan dan keterampilan.

Keywords


pembelajaran, teks biografi, siswa X SMAN 1 Wuryantoro

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v12i1.42219

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Sri Muryati, Suparmin Suparmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.