PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SMP LABSCHOOL UPI

Henni Julia Citra Sitorus, Isah Cahyani Cahyani, M Oky Fardian Gafari

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji penerapan penilaian auntentik pada kurikulum merdeka belajar materi menulis teks deskripsi di sekolah SMP Labschool UPI. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penilaian autentik masih relevan digunakan pada kurikulum merdeka belajar dan digunakan sebagai pendukung pendidik dalam menilai kemampuan dan dalam pengisian rapor peserta didik. Selain itu digunakan untuk menilai aspek sikap, keterampilan, dan pengatahuan secara nyata yang pada kurikulum merdeka yang sudah tidak ada ditegaskan di buku panduan. Kemudian,  pemilihan tema menulis teks deskripsi membuat peserta didik  mengenali lingkungannya yang dapat menjadi bekal untuk program kurikulum merdeka yaitu projek penguatan profil pelajar pancasila.

Penilaian autentik, Kurikulum merdeka, Teks deskripsi


Keywords


Penilaian autentik, Kurikulum merdeka, Teks deskripsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v12i1.44101

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 972 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Henni Julia Citra Sitorus, Isah Cahyani Cahyani, M Oky Fardian Gafari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.