PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMPS KATOLIK BM 2 MEDAN TA 2023/2024

Anita Tambunan, Frinawaty Lestarina Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi siswa SMPS BM 2. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai menyimpulkan isi teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan sebanyak 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script sebesar 80,16 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional sebesar 56. Untuk hasil uji hipotesis menggunakan uji T diketahui bahwa thitung  sebesar 5,38 dan nilai tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikan α=0,05 sehingga diperoleh t tabel= 2,045, maka hasil dari thitung lebih besar dibandingkan ttabel (5,38 > 2,045). Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.

Keywords


Kemampuan Menyimpulkan, Model cooperative script, Teks Persuas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v12i2.51695

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anita Tambunan, Frinawaty Lestarina Barus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.