PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA SWASTA PELITA DESA BULU CINA

Dwi Indah Pratiwi, Inayah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 siswa, dan siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 79,5 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 67 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil keterampilan menulis teks prosedur kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan selisih nilai sebesar 12,5%. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel atau 3,31 > 2,060 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. 


Keywords


Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Video, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v12i2.53976

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Indah Pratiwi, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.