ANALISIS MAKNA LEKSIKAL PADA LIRIK LAGU “TRAUMA” KARYA AAN STORY DAN PRILLY LATUCONSINA

sri yuni rianti, Nur Indah Sholikhati

Abstract


Kajian analisis makna leksikal pada lirik lagu “Trauma” karya Aan Story merupakan upaya untuk memahami makna kata yang digunakan dalam lirik tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai pesan yang ingin disampaikan pencipta lagu melalui penggunaan kata-kata tertentu. Selain itu, jenis analisis ini juga memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kemungkinan konteks sosial, budaya, dan emosional Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian dengan metode untuk menggambarkan suatu hasil peneltian. Sesuai dengan namanya, jenis penelitian deskriptif memiliki tujuan untuk memberikan deskripsi, penjelasan juga validasi mengenai fenomena yang tengah diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumenter melalui YouTube. Data ini dapat diunduh dari dengan melihat lirik lagu yang ingin anda pelajari yaitu lirik“Trauma” karya Aan Story." Ini juga menggunakan metode membaca dan mencatat. Pada lirik lagu diatas terdapat repitisi Epizeukis. terdapat sinonim. Sementara itu, pada lirik kedua, terdapat pula persamaan kata Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan pada lirik lagu “Trauma” terdapat antonim yang memiliki lawan kata antara “Bertahan” yang memiliki arti masih mau bersama sedangkan 1) Sentimen Umum Lirik 2) Pengaruh Kosakata terhadap Ekspresi Emosional: 3) Pemikiran tentang proses penulisan puisi: Teks-teks ini menciptakan narasi yang kuat melalui pilihan kata dan struktur kalimat.

Kata kunci: Model pembelajaran, kemampuan menulis, teks ekpsosisi

     


Full Text:

PDF

References


Yanti, A., Lubis, P. A., Natasha, N. A., Sitorus, E., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Leksikal Pada Lirik Lagu Kamu Dan Kenangan Karya Maudy Ayunda. Asas: Jurnal Sastra, 10(2).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:

Rineka Cipta. Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strateg, Metode, dan Tekhniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Oktafianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press.

Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v13i1.54191

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sri yuni rianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.