TRANSKRIPSI PUISI BERBASIS EKOLOGI KELAUTAN DI PONDOK BELAJAR ARNILA KAMPUNG NELAYAN SEBERANG

M Surip, Muhammad Anggie Januarsyah Daulay, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Tulisan ini membahas penelitian yang dilakukan di Komunitas Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Seberang Kelurahan Belawan 1 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan sebagai mitra. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tim di lapangan, ditemukan beberapa masalah yang belum berhasil dilaksanakan oleh mitra. Anak-anak Pondok Belajar Arnila berkeinginan menciptakan suatu produk literasi sastra yang dimakhtubkan dalam sebuah buku, namun pada realitasnya belum mampu difasilitasi dengan baik dan terukur, dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia yang paham secara komprehensif terhadap permasalahan tersebut, yakni kesusastraan, budaya, dan kebahasaan. Selanjutnya metode yang digunakan pada kegiatan ini, yaitu metode pelaksanaan dan pendekatan. Metode pelaksanaan memiliki dua tahapan, yakni tahap workshop dan pembimbingan, dan tahap evaluasi serta pembuatan laporan, sedangkan metode pendekatan yakni in service learning berupa penguatan keilmuan dari tim melalui ceramah dan diskusi, sedangkan on service learning berupa pendampingan dan pelatihan penulisan dan digitaliasi karya sastra; puisi berbasis ekologi. Kegiatan ini menghasilkan luaran naskah kumpulan puisi yang dimakhtubkan dalam buku Ber-ISBN oleh anggota komunitas Pondok Belajar Arnila serta publikasi di media cetak maupun online. Selanjutnya kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani serta dapat meningkatkan kegiatan literasi lainnya di komunitas Pondok Belajar Arnila Kampung Nelayan Seberang pada masa yang akan datang.

Keywords


Puisi, ekologi kelautan, Kampung Nelayan Seberang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v13i1.57185

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M Surip, Muhammad Anggie Januarsyah Daulay, Syairal Fahmy Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.