ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH PREPARATION FOR TOCFL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES ANGAKATAN 2020

Umi Hanifah Zahra Ghazaly, Sheyra Silvia Siregar, Anggraeni Anggraeni, Dian Yuni Pamuji

Abstract


Persiapan TOCFL merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang disediakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa. Banyak faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah ini, salah satunya adalah penggunaan kosakata yang berbeda dengan kosakata yang umum digunakan di daratan Tiongkok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin 2020 saat menempuh mata kuliah Persiapan TOCFL. Tidak hanya itu, penelitian dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mengakibatkan kesulitan belajar pada mata kuliah Persiapan TOCFL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin 2020 yang menempuh mata kuliah Persiapan TOCFL pada semester 6 sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara dengan seluruh mahasiswa, sejumlah mahasiswa yang memiliki nilai rendah, dan juga dengan dosen mata kuliah, serta observasi kelas selama satu semester penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan saat menempuh mata kuliah Persiapan TOCFL karena menggunakan kosakata yang berbeda dengan kosakata yang biasa dipelajari di kelas. Tempo rekaman yang cepat juga membuat siswa kesulitan untuk memahami inti dari soal yang diberikan. Rendahnya kemauan siswa untuk belajar mandiri merupakan salah satu faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar. Faktor eksternal yang menghambat pembelajaran adalah belum lengkapnya bahan ajar yang digunakan siswa saat ini sehingga pengetahuan siswa terhadap tata bahasa, kosakata, dan panduan mengerjakan soal TOCFL masih sangat rendah.

Keywords


Analisis kesulitan belajar, pembelajaran, Preparation for TOCFL

Full Text:

PDF

References


A.M., S. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar (edisi 1, c). Rajawali Pers.

Angranti, W. (2016). Problematika kesulitan belajar siswa. Gerbang Etam, 10(1), 31.

Asri, L. El, & Trischler, A. (2019). a S Tudy of S Tate a Liasing in S Tructured P Re -. 2(1), 1–11.

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rinerka cipta.

Campbell, R., Soenens, B., Beyers, W., & Vansteenkiste, M. (2018). University students’ sleep during an exam period: the role of basic psychological needs and stress. Motivation and Emotion, 42(5), 671–681. https://doi.org/10.1007/s11031-018-9699-x

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Hariyanto, S. (2011). Belajar dan pembelajaran : teori dan konsep dasar / Suyono, Hariyanto (Cet. 1). Remaja Rosdakarya.

Humas, G. I. dan, & Fakultas Bahasa dan Seni, U. N. S. (2021). S1 Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Semarang. https://fbs.unnes.ac.id/jurusan-bahasa-dan-sastra-asing/s1-pendidikan-bahasa-mandarin/

Irawati, R. P., & Anggraeni, A. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester Vi Angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang Dalam Memahami Teks阅读pada 汉语水平考试 ( Hsk ) Level Iv. Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 1(2), 47–51. https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v1i2.12689

Lianisyah, U. Y., Sugiarti, T., & Rudiansyah, R. (2022). Analisis Motivasi dan Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Mahasiswa Indonesia non-Keturunan Tionghoa di Universitas Sebelas Maret Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(2), 48. https://doi.org/10.36279/apsmi.v6i2.189

Lilya Susanti. (2017). Metode penelitian. Jurnal Business Management Journal, 1–40. http://lilyasusanti.lecture.ub.ac.id/files/2018/03/MODUL-METODE-PENELITIAN.pdf

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.Belajar.

Munirah. (2015). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa The Role of Teachers in Overcoming Students’ Learning Difficultie Munirah. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2), 103–111. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/288

Nupiah, A., McCulley, W., & He, T. (2022). The Implication of Students’ Psychological Aspects on Learning Difficulties Experienced by Students in Learning in School. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 1(3), 108–117. https://doi.org/10.55849/alhijr.v1i3.17

Pendekatan, D., & Kognitif, P. (2009). 3798-8144-1-Sm. 12(2), 152–172.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Setiawan, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Skinner, B. . (1938). The Behavior Of Organisms An Experimental (Richard M. Elliot (ed.); 1st ed.). Appleton Century Croft, Inc. https://archive.org/details/in.ernet.dli.2015.191112/mode/2up

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualittaif dan RnD (Sutopo (ed.); edisi2, ce ed.). Penerbit Alfabeta.

Suharti. Sumardi. Hanafi, Moh. Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar (T. Lestari (ed.); 1st ed.). CV. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=p5z-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=belajar&ots=2iRt6snvu2&sig=bPyrKq9HFyDa1O5_7diRoOkt7DI&redir_esc=y#v=onepage&q=belajar&f=false

Taipei Economic and Trade Office, J. (2019). Penjelasan perbedaan kesulitan antara TOCFL dan HSK. Republic of China, Taiwan. https://www.roc-taiwan.org/id_en/post/2615.html

Universitas Negeri Semarang. (n.d.). Universitas Negeri Semarang empowers education in creating the next generation of leaders. Retrieved April 2, 2023, from https://unnes.ac.id/about-unnes/

Universitas Negeri Semarang. (2021). Data Mahasiswa. UPT TIK UNNES. https://data.unnes.ac.id/id/dashboard/jumlah-mahasiswa

Vũ, L. H. (2018). So sánh hsk và tocfl. 77–88.

Yulinda Erma Suryani, S.Pd, M. S. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 73, 33–47. Users/Ny 07/Downloads/KESULITAN_BELAJAR (3).pdf

新 hsk 四级考试对泰国高中生汉语学习的反拨效应 1. (2020). 142–168.




DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v13i2.59955

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Umi Hanifah Zahra Ghazaly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.