Subjek Otentik dalam Cerpen "Membunuh Mini" Karya M. Aan Mansyur: Perspektif Slavoj Zizek

Heny Anggreini, Muharrina Harahap, Jakaria Jakaria

Abstract


Membunuh Mini merupakan sebuah cerpen yang ‘menyentil’ pembaca untuk sadar terhadap kondisi sosial, budaya, dan politik di masyarakat. M. Aan Mansyur mengingatkan hal tersebut melalui penggambaran tokoh borjuis yang diperankan oleh Erwin (majikan) dan tokoh porletar yang diperankan oleh Mini (budak) dan Sikki (budak). Tokoh yang akan diangkat adalah tokoh Sikki sebagai budak yang selalu menuruti, mematuhi perintah tuannya untuk menjaga keberadaannya, termasuk dalam cerita ini adalah membunuh Mini yang hamil akibat perbuatan Erwin. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat: (a) seberapa jauh seorang sastrawan menjadi otentik saat menulis karya sastra? b) apakah di dalam karya sastra, pengarang berhasil membangun subjek otentik? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yang dianalisis secara deskriptif melalui kata-kata menggunakan teori Slavoj Zizek. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek Sikki melakukan tindakan radikal dengan melakukan “kebohongan” kepada majikannya karena dimensi simbolik (Tuan dan Budak) yang menekannya sehingga mengalami lack dalam dirinya. Keadaan lack dalam diri subjek pada akhirnya tidak menghasilkan sesuatu. Freedom yang ingin dicapai subjek menjadi ilusi dan tidak menjadi nyata. Subjek Sikki dan Mansyur sama-sama tidak mampu menuju “yang real” dengan bukti bahwa keduanya menyerah pada “yang simbolik”— norma.


Keywords


Subjek Otentik, Yang Simbolik, Norma

Full Text:

PDF

References


Akmal, R. (2015). Subjektivitas Pramudya Ananta Toer dalam Novel Perburuan: Kajian Psikoanalisis Historis Slavoj Zizek. Jentera, 4(1), 12–23.

Anggreini, H. (2018). Tindakan Radikal dalam Cerpen Sarman Karya Seno Gumira Ajidarma: Perspektif Slavoj Žižek. Widyasastra, 1(2), 68–77.

Arifin, M. Z. (2016). Membaca Sinisme Seorang Absurd Dalam Novel Orang Asing Karya Albert Camus: Perspektif Subjek Imanen Slavoj Zizek. Jurnal Bebasan, 3(1), 41–55.

Friedrich, C. J. (Ed.). (1949). The Philosophy of Kant: Immanuel Kant’s Moral and Political Writings. The Modern Library.

Kusuma, A. R. (2023). Posisi Subjek Tokoh Bahiyah dalam Novel Imra` Atāni Fī Imra` Atin Karya Nawal Al- Saʻdāwī: Kajian Subjektivitas Slavoj Zizek Aneka Riyada Kusuma. MECRI, 2(1), 72–98.

Mansyur, M. A. (2012). Kukila: Kumpulan Cerpen. PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, R. (2016). Membaca kritik Slavoj Zizek: Sebuah Penjelajahan Awal Kritik Sastra Kontemporer. Negasi Kritika.

Todorov, T. (1985). Tata Sastra. Jambatan.

Zizek, S. (1993). Tarrying with the Negative: Kant, Hegel, and the Critique of Ideology. Duke Universisty Press.

Zizek, S. (1994). Mapping Ideology. Verso.

Zizek, S. (2008). The Sublime Object of Ideology (2nd edition). Verso.




DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v13i2.60966

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heny Anggreini, Muharrina Harahap, Jakaria Jakaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.