Urgensi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) sebagai Edukasi Wisatawan Asing di Lombok

Muh. Jaelani Al-Pansori, Lalu Mas'ud, Eva Nurmayani

Abstract


Salah satu bentuk pariwisata yang telah berkembang secara signifikan di seluruh dunia adalah pariwisata pendidikan. Urgensi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) sebagai tujuan wisata edukasi yang menawarkan pengalaman pendidikan dibahas dalam penelitian ini. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif karena isu-isu yang diteliti menyangkut sikap dan perspektif para pelaku di industri pariwisata dan pendidikan terhadap BIPA sebagai salah satu daya tarik utama Lombok bagi wisatawan asing. Data dikumpulkan dengan mewawancarai sejumlah informan kunci  termasuk:, pengajar BIPA, anggota fakultas yang juga terlibat dalam program internasional, sejumlah individu yang terlibat dalam industri pariwisata, termasuk ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia saat ini dan sebelumnya, pengamat pariwisata, dan akademisi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa BIPA memiliki potensi untuk menjadi salah satu daya tarik utama Lombok bagi para pengunjung yang ingin belajar bahasa Sasak dan Indonesia. 

Keywords


BIPA, Bahasa Indonesia, Edukasi, Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Abor, J., & Bokpin, G. A. (2010). Investment opportunities, corporate finance, and dividend payout policy. Studies in Economics and Finance, 27(3), 180–194 https://doi.org/10.1108/10867371011060018

Ankomah, Paul K. & Larson, R.T. Education Tourism: A Strategy to Sustainable Tourism Development in Sub-Saharan Africa. Diunduh dari http://www unpan1.un.org/intradoc/ groups/.../UNPAN002585.pdf

Handoko, M.P., Fahmi, R.N., Kurniawan, F.Y., Artating, H., & SinagaM.S. (2019) Potensi pengembangan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, 1(1).

Haukeland, J., Vistad, O. I., Daugstad, K., & Degnes-Ødemark, H. G. (2013). Educational tourism and interpretation. Oslo: Institute of Transport Economics-Norwegian Centre for Transport Research.

Holdnak, A., & Holland, S. M. (1996). Edu-tourism: Vacationing to learn. Parks and Recreation, 31(9), 72-75.

McGladdery, C. A. (2016). The relationship between international educational tourism and global learning in South African high school learners (Doctoral dissertation, University of Pretoria).

McGladdery, C. A., & Lubbe, B. A. (2017). Rethinking educational tourism: proposing a new model and future directions. Tourism Review.

Mukti, W. I., Andayani, A., & Wardani, N. E. (2017). Pengajaran Bipa Dan Tes Ukbi Dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1)

Northern Environmental Educational Development (NEED) ---- Thoughts on Educational (Geo) Tourism. Online, diunduh dari http://www.gwatrainingbrokers.com/edutourismprograms. html

Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia dan Internalisasi Budaya Indonesia melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). An-Nas, 2(2), 199–212.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117

Pantzar, Heidi & Brico, Ivana. 2008. The Language of a Pearl Language Tourism in Malta. Diunduh dari http://lnu.diva-portal.org/smash/get/diva2:160300/FULLTEXT01.pdf

Pitman, T., Broomhall, S., McEwan, J., & Majocha, E. (2010). Adult learning in educational tourism. Australian Journal of Adult Learning, 50(2), 219-238.

Poon, A. (1993). Tourism, technology and competitive strategies. CAB international.

Richards, G. (2011). Tourism trends: tourism, culture and cultural routes. Cultural tourism trends in Europe: a context for the development of Cultural Routes. In: Khovanova-Rubicondo, K.(ed.) Impact of European Cultural Routes on SMEs’ innovation and competitiveness, Strasbourg: Council of Europe Publishing, 21-39.

Ritchie, B. W. (2003). Managing educational tourism (Vol. 10). Channel View Publications.

Roppolo, C. (1996) International education: What does this mean for universities and tourism? In M. Robinson, N. Evans and P. Callaghan (eds) Tourism and Cultural Change (pp. 191–201)




DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v13i2.61862

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Jaelani Al-Pansori, Lalu Mas'ud, Eva Nurmayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.