Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMK Negeri 8 Semarangtan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Menulis Puisi di SMK Negeri 8 Semarang

Authors

  • Zuhaida Imarotul Ulya Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran menulis puisi di SMK Negeri 8 Semarang. Culturally Responsive Teaching sebagai pendekatan pedagogis yang mengakui pentingnya latar belakang budaya siswa dalam proses belajar mengajar diyakini dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, terutama dalam mata pelajaran yang membutuhkan ekspresi diri seperti menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan (Triangulasi) data melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru bahasa Indonesia dan siswa, serta analisis dokumen hasil karya puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan prinsip-prinsip Culturally Responsive Teaching melalui pemilihan tema dan materi puisi yang relevan dengan pengalaman dan budaya siswa di Semarang, pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran menulis puisi menciptakan suasana belajar yang inklusif dan bermakna. Pendekatan Culturally Responsive Teaching ini tampak meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman siswa dalam menulis puisi yang lebih bermakna dan personal.

Downloads

Published

2025-08-04