PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN

Authors

  • Sry Sarah Emita Sipayung Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Cut Novita Srikandi
  • Rahmanizar

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67176

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media audiovisual pada peserta didik kelas X-7 SMA Ngeri 3 Medan tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 36 peserta didik. Proses dan hasil belajar peserta didik dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III, dengan setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum memulai siklus I, peneliti melakukan observasi awal terhadap kemampuan peserta didik dalam menulis tekslaporan hasil observasi, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka masih mengalami kesulitan. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik tercatat sebesar 66,75, dengan tingkat ketuntasan klasikal hanya mencapai 19%. Setelah melakukan refleksi dan perbaikan tindakan, pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 77,97, dan ketuntasan klasikal naik menjadi 58%. Pada siklus III, rata-rata nilai peserta didik meningkat signifikan menjadi 89,13, dengan ketuntasan klasikal yang mencapai 94,44%. Penggunaan media audiovisual secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik.

Author Biographies

Sry Sarah Emita Sipayung, Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Pendidikan Profesi Guru, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

Cut Novita Srikandi

Program Studi Bahasa Indonesia, Pendidikan Profesi Guru, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

Rahmanizar

Program Studi Bahasa Indonesia, Pendidikan Profesi Guru, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

References

Aulia, F.T. (2021). Cerdas Cergas: Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Farhana, Husna, dkk. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Kosasih. (2014). Jenis-jenis teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 3 (2), hal 1-22.

Purwono, Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol 2 (2), hal 127

Serungke, Mayang. (2023). Penggunaan Media Audiovisual Dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol 6 (4), hal 3503-3508.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujono. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial. Vol. 20 (1), hal 25-42654

Sudjhana. (2005). Metode Ststistika. Bandung: Tarsito.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utomo, S. B., dkk. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol 5 (2), hal 353-360

Downloads

Published

2025-01-01