PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN

Authors

  • Sitti Erna Simanullang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Cut Novita Srikandi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rahmanizar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67220

Keywords:

keterampilan menulis, laporan hasil observasi, media pembelajaran audiovisual

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan hasil observasi dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan dengan melibatkan 36 siswa dari kelas X-9 sebagai subjek. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif untuk mengelola data, yang diperoleh melalui observasi dan tes siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 57,81. Pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat menjadi 74,65. Pada siklus ketiga, nilai rata-rata mencapai 88,8. Setiap siklus menunjukkan kemajuan, dan siklus ketiga dilakukan karena pada siklus kedua nilai siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil akhir menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning, kemampuan menulis laporan hasil observasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan berhasil melampaui KKM.

Author Biographies

Sitti Erna Simanullang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

Cut Novita Srikandi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

Rahmanizar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

References

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2), 1-9

Hammer, D. 2012. Discovery Learning and Discovery Teaching. Cognition and Instruction, 15 (4), 485-529.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. 2013. Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan Discovery Learning. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, Engkos. 2013. Jenis-Jenis Teks: dalam Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Jakarta: Erlangga.

Nasution, S, Nurbaiti, dan Arfanudin. 2021. Teks Laporan Hasil Observasi Untuk tingkat SMP

Kelas VII. Bogor: Guepedia.

Ningsih, Sulastri. 2021. Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 202-211

Permatasari, D., & Wikanegsih. 2018. Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(September), 823–828.

Downloads

Published

2025-01-01