PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA BOLIR (BOLA GULIR) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN

Authors

  • Siti Nurjanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Cut Novita Srikandi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Natalia Simarmata Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67225

Keywords:

Media Bolir (Bola Gulir), keterampilan Menulis, Teks Argumentasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulisteks arumentasi denganmenggunakan media Bolir (bola gulir) peserta didik kelas XI. Penelitian inidilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapanperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMANegeri 3 Medan dengan melibatkan 36 peserta didik dari kelas XI-4 sebagai subjek.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif untuk mengelola data,yang diperoleh melalui observasi dan tes peserta didik. Pada siklus pertama, rataratanilai peserta didik adalah 64,85. Pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkatmenjadi 74,34. Pada siklus ketiga, nilai rata-rata mencapai 87,8. Setiap siklusmenunjukkan kemajuan, dan siklus ketiga dilakukan karena pada siklus kedua masihterdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Hasil akhir menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks argumentasipeserta didik dengan menggunakan media Bolir(Bola gulir) mengalami peningkatanyang signifikan.

Author Biographies

Siti Nurjanah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

Cut Novita Srikandi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas MuhammadiyahSumatera Utara

References

Alwi, H. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamid, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45-58.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, H. (2015). Menulis Teks Argumentasi: Panduan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2016). Ragam Pembelajaran Aktif: Menyenangkan dan Kreatif. Jakarta: Pustaka Nusantara.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramlan, S. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, D. (2017). Struktur Teks Argumentasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik, 8(2), 123-137.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran: Alat Bantu dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, B. (2018). Kolaborasi dalam Pembelajaran: Meningkatkan Komunikasi dan Kerja Sama Siswa. Jurnal Pendidikan, 17(2), 65-79.

Sunarti, E. (2013). Pengembangan Keterampilan Menulis: Strategi dan Metode. Bandung: CV Pustaka Setia.

Surya, M. (2013). Media Pembelajaran Interaktif. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti, L. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 75-92.

Downloads

Published

2025-01-01