PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS PUISI BERBANTUAN WHITEBOARD ANIMATION DI KELAS VIII SMP BANI ADAM AS
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67228Keywords:
Pengembangan, Teks Puisi, Whiteboard AnimationAbstract
Tujuan dari penelitian ini berguna dalam mengetahui tahapan pengembangan materi teks puisi berbasis whiteboard animation untuk anak didik kelas VIII SMP dan mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan menggunakan aplikasi whiteboard animation untuk materi puisi berbasis whiteboard animation kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengaplikasikan prosedur Borg and Gall dengan langkah analisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, rancangan produk, validasi desain, dan perbaikan produk. Poin kelayakan dihitung dengan skala likert berdasarkan perolehan validasi pakar materi dan media. Tahapan pengembangan materi diselenggarakan dalam menambah kontribusi dalam pengembangan materi teks laporan observasi yang ada menjadi materi teks laporan observasi yang lebih baik. Hasil riset menggambarkan bahwa produk yang dihasilkan dari studi “Pengembangan Materi Teks puisi Berbasis whiteboard animation untuk Siswa Kelas VIII SMP Bani Adam As” tergolong pada kriteria “Sangat Baik”. Hal ini bersumber pada perolehan validasi pakar materi dengan nilai 95% pada kategori Sangat Baik, nilai kelayakan media senilai 86% pada golongan “sangat baik” dan nilai penilaian guru mata pelajaran sebesar 98% pada kategori “Sangat Baik”. Maka dari itu, produk dinyatakan layak diaplikasikan sewaktu pembelajaran berlangsung.References
Afifah, dkk. 2020. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 6 Nomor 2. Halaman 72-82. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406.
Arief S. Sudirman, Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo, 2013.
Ali Mudlofir, Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2016
Atria, N., Ramadan Lazuardi, D., & Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stkip Pgri Lubuklinggau, P. (2021). Published By Lp3mkil Ylip (Yayasan Linggau Inda Pena) South Sumatera, Indonesia Linggau Jurnal Language Education And Literature Pengaruh Strategi Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur-Unsur Pembangun Teks Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri O Mangunharjo. 1(2).
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers, Devi, Anggit Shita, and Siti Maisaroh, „Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V Sd‟, JURNAL PGSD INDONESIA, 2017
Bawamenewi, Arozatulo. 2018. Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menerapkan Metode Inkuiri terhadap Siswa SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 3 Nomor 2. Halaman 333-338. DOI : https://doi.org/10.32696/ojs.v3i2.180.
Budiyono Saputro. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development). Tesis dan Disertasi. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Bunga, R. D., Djumadin, H., & Rini, M. M. (2021). Struktur Puisi Karya John Dami
Mukese Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V2i1.62
Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. DEVELOPING BILINGUAL POPUP BOOK MEDIA ON THE MATERIAL ABOUT AYAM JAGO BARU
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Domitila, Ressi, Laili Fitri Yeni, and Titin, „Kelayakan Pop-up Book Keragaman Jamur Di Hutan Lindung Gunung Naning Pada Materi Keanekaragaman Hayati‟, Jurnal FKIP Biologi Untan Pontianak, 2017
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99. Pengembangan Literasi Baca Dan Numerasi Melalui Media Pop Up Box di Sekolah Dasar SeKecamatan Praya Lombok Tengah. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2),1-10.
Firmansyah, A. (2021). Analisis Struktur Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya K.H. Ahmad Mustofa Bisri dan Pemanfaatannya Untuk Bahan Ajar Menganalisis Unsur Pembangun Puisi di SMA Kelas X . Jurnal Tuturan, 25
Gunawan, H. (2019). Puisi Dan Pantun. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara.
Hamid, Dudung Abdul dan Dede Endang. 2019. Kajian Puisi dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Pendekatan Inkuiri. Jurnal Tuturan. Volume 8 Nomor 1. Halaman 11-18. DOI : http://dx.doi.org/10.33603/jt.v8i1.2677.
Hikmat, Ade dkk. 2017. Kajian Puisi. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta.
Handaruni Dewanti, dkk. September 2018. “Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo”. JKTP, Volume 1, No.3, https://media.neliti.com/media/publications/334781pengembangan- media-pop-up-book-untuk-pem-0a6e857c.pdf.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.
Januarti, N. K., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar
Larasati, Lucky Dwi, and Sri Poedjiastoeti, „Pengembangan Permainan Kartu Domini Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Unsur Bagi Siswa SMALB Tunarungu‟, Journal of Chemical Education UNESA, 2016.
Madisstriyatno, I. S. (2021). Metedologi Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Indigo Media.
Pribadi, B.A. (2016), Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi:Implementasi Model ADDIE. Jakarta : Kencana.
Rahma, F.I., 2019. MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian Terhadap LangkahLangkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar). Vol.14, No.2.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015, November). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. In Seminar Nasional Riset Inovatif IV (Vol.208).
Utami. R. P. 2017. Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk. Vol.12 No.2
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.