WHAT WOMEN BRING TO THE TABLE? HIGH VALUES: MENGANALISIS TINDAK TUTUR DALAM INSTAGRAM @ALICIAEVA9 MELALUI BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA YANG MEMOTIVASI

Authors

  • I Gst. Ayu P. Jesika Sita Devi N Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Ayu Trisna Febrianty Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67231

Keywords:

Tindak Tutur, Bahasa yang Memotivasi, aliciaeva9's

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi tujuan untuk mengklasifikasikan hubungan antara jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh @aliciaeva9 dan menemukan nilai-nilai moral yang diterapkan dalam bahasa yang memotivasi di Instagramnya. Data penelitian ini dikumpulkan secara deskriptif berupa kata, frasa, dan ujaran lain yang diucapkan oleh Alicia Eva di akunnya. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dengan teknik catat. Teori yang digunakan adalah teori Searle (2014) dan Kant (2017) yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Dari hasil pembahasan dan analisis, ditemukan bahwa dari kesepuluh data, tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi saling berhubungan satu sama lain. Tindak lokusi disampaikan dengan baik, begitu juga dengan tindak ilokusi yang memiliki maksud tersirat dari apa yang disampaikan berdasarkan tindak lokusi. Dari maksud yang disampaikan melalui pesan, umpan balik juga terjadi pada reaksi melalui tindak perlokusi, yang sama halnya dengan tindak lokusi dan ilokusi seperti pada kolom komentar di Instagram @aliciaeva9 yang sebagian besar diisi dengan komentar positif dan umpan balik. Oleh karena itu, tindak perlokusi menunjukkan bahwa data yang ditemukan adalah rasa nyaman dan termotivasi dari para penontonnya. Tujuan kedua adalah nilai moral dari pesan yang disampaikan dari ujaran yang diberikan oleh Alicia Eva. Pesan yang disampaikannya adalah mengajak para wanita untuk menunjukkan semangat untuk memiliki nilai yang tinggi dan memberikan yang terbaik bagi diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengharapkan hal-hal yang mewah di luar sana.

References

Austin, J.L. (1962). How to Do Things with Words. Harvard University Press.

Creswell, J. W. (2020). RESEARCH DESIGN : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc.

Cutting, J. (2002). Pragmatics and discourse - A resource Book for Students (P. Stockwell, Ed.). Routledge.

Dwiana, N., & Syahri, I. (2024). Indonesian EFL Learners’ Refusal: Refusal-Speech Act Specific Motivation on Refusal Realization. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 9(1), 151-160. https://doi.org/10.21462/ijefl.v9i1.763

Kant, I. (2017). Groundwork for the Metaphysics of Morals.

Leech, G. N. (1983). Principles of pragmatics. Longman.

McCarthy, M. (1991). Discourse analysis for language teachers. Cambridge University Press.

Mey, J. L. (2001). Pragmatics: An introduction (Second). Blackwell.

Permana, T. et al. (2021). Analysis of speech acts in Susilo Bambang Yudhoyono’s political Speech. PROJECT (Professional Journal of English Education). 4 (1), 62-68.

Priambada, T et al. (2021). “Analysis of speech acts in the motivational speech “TED Talks: The Secret of Learning a New Language”. English Teaching, Literature, and Linguistics. Universitas PGRI Semarang.

Searle, J. R. (1979). Expression And Meaning. New York: Cambridge University Press.

Searle, J. R. (2014). A Classification of Illocutionary Acts. Language in Society, Vol 5 No.1.

Yulian, A. A., & Mandarani, V. (2023). A SPEECH ACT ANALYSIS: ILLOCUTIONARY ACTS PRODUCED BY TEACHER IN ESL CLASSROOM. Celtic : A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.22219/celtic.v10i1.23276

Downloads

Published

2025-01-01