PENGEMBANGAN MEDIA AJAR PADA MATERI TEKS TANGGAPAN BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT DI SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI

Authors

  • Berkatiah Universitas Negeri Medan
  • Dwinda Khoyriyah Universitas Negeri Medan
  • Elma Natalia Purba Universitas Negeri Medan
  • Diah Pashya Togatorop Universitas Negeri Medan
  • Friska Yani Hutasoit Universitas Negeri Medan
  • Yuliana Sari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67233

Keywords:

Media Ajar, Audio Visual, Teks Tanggapan, Motivasi Belajar, Research and Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbasis audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi teks tanggapan di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti model Borg and Gall. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan ekspresi siswa, motivasi belajar, dan pemahaman terhadap materi. Siswa menjadi lebih termotivasi dan juga aktif dalam berdiskusi. Pemahaman siswa terhadap materi teks tanggapan juga semakin mendalam melalui konteks visual yang disajikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ajar berbasis audio visual sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa

Author Biographies

Berkatiah, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

Dwinda Khoyriyah, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

Elma Natalia Purba, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

Diah Pashya Togatorop, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

Friska Yani Hutasoit, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

Yuliana Sari, Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Seni

References

Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2).

Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azikiwe, U. 2007. Language Teaching and Learning. Onitsha: Afiricana-First Pubs. Ltd.

Baryadi, I. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Deriyan, L. F. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Aplikasi Capcut Di Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(1), 1-10.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Instructional Media”. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.

Kosasih, E. dan Endang Kurniawan. 2019. Jenis-jenis Teks Bahasa Indonesia SMP. Bandung: Yrama Widya.

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Miftahunnajah., 2022. Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Dalam Buku Teks Wahana Pengetahuan Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Journal of Language Learning and Research, 5(2), 1-11.

Muhammad, Hasan, Milawati, Darodjat, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nurdiansyah, D., Handayani, P., & Zabadi, F. (2023). Peningkatan Skill Editing Video Karang Taruna Menggunakan Aplikasi Mobile Phone Capcut Di Desa Lengkong Kulon. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5572-5580.

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan bahan ajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, Agus. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaiswara. Jakarta Timur. Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan (BDK) Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2025-01-01