PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MATA KULIAH PENGAJARAN SASTRA ANAK DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIMED

Authors

  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Lili Tansliova Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67236

Keywords:

Pengembangan, Augmented Reality, pengajaran, sastra anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Augmented Reality dalam mata kuliah pengajaran sastra anak di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIMED dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui prosedur penelitian pengembangan Brog and Gall. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIMED. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket untuk mengetahui permasalahan serta keefektivitas dari hasil produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Augmented Reality dalam mata kuliah pengajaran sastra anak yang telah dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan hasil angket yang diberikan, serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Atmajaya, Dedy, (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah ILKOM. 9(2).

Gita, M. R., Sianipiar, Y. H., Rumahorbo, D., Sidabude, B. I., Hutagalung, T. (2021). Struktur Cerita dan Nilai Karakter dalam Buku Dongeng Terjebak di Negeri Jajan Karya Suyitman. ALFABETA. 4(2).

J.Jacobs, R.C.W. Webber-Youngman, E.A. van W., 2016. Potential Augmented Reality Applications in the Mining Industry: Research Gate.

Mustaqim, Ilmawan (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.13(2).

Sarumpet, Riris Toha, (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Trisnani, N. & Utami, W. T. P., (2022). Pengaruh Tingkat Kreativitas terhadap Kemampuan Membuat Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 6(1).

Nisa, C. & Hutagalung, T. (2024). Upaya Pengembangan Materi Ajar Teks Reko Fase E Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(3).

Norton, Donna E., 1998. Through the Eyes of aChild An Introduction to Children Literature. Columbus: Charles Merril Publishing.

Downloads

Published

2025-01-01