ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BACAAN TEKS SOAL BERBASIS HOTS PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA DI SMP MEDAN MULIA – MIAN ZHONG

Authors

  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67237

Keywords:

Pemahaman bacaan, Teks soal HOTS, Bahasa Indonesia, Matematika

Abstract

Penelitian pada teks soal berbasis HOTS (High Orders Thinking Skill) melalui aktivitas membaca siswa ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan yang dialami siswa selama mengerjakan soal bahasa Indonesia dan Matematika. Penggunaan soal berbasis HOTS pada kedua mata pelajaran ini diharapkan mampu menggambarkan kondisi pembelajaran yang sebenarnya. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII Medan Mulia dan teknik penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Sehingga dari 4 kelas paralel yang diundi, maka kelas VIII-B yang dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini akan menganalisis kemampuan memahami teks bacaan siswa dengan metode campuran yakni kualitatif dan kuantitatif. Penelitiian dilakukan dengan teknik eksplanatori dengan tujuan untuk menghubungkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun teks bacaan merupakan teks pada soal Ujian Tengah Semester (UTS) ganjil tahun ajaran 2024/2025, yang telah diujicoba oleh guru-guru paralel mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami bacaan teks soal berbasis HOTS tidak bergantung pada intensitas membaca siswa tetapi pada latihan soal dan penyelesaian proyek (tugas) yang dilakukan selama pembelajaran.

Author Biography

Oktaviandi Bertua Pardede, Universitas Prima Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Abbas, E. (2020). Menulis di Otak dan Menuliskan Tulisan di Otak.

Adler, M., & van Doren, C. (2015). How To Read A Book: Seni Membaca dan Memahami Beragam Jenis Bacaan. Bandung : Nuansa Cendekia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=NWfvDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=Seni+memahami+bacaan&ots=DtO0GO038S&sig=zXJ-IE6I4xWfoahLzzJ91Taz-UQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Seni memahami bacaan&f=false

Ananda, W., & Maemonah, M. (2022). Implementasi Asesmen Kognitif Berbasis HOTS Materi PAI dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6564–6575. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3179

Astuti, P., Mumpuni, A., & Adjar Pranoto, B. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 26–32. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.55

Atwi, S. (1997). Desain Instruksional (Keenam). Jakarta : Universitas Terbuka.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods and Approaches (M. O’Heffernan (ed.); Fifth Edit). SAGE Publications.

Feez, S. (1998). Text-Based Syllabus Design. Sydney: NCELTR Macquarie University.

Hikmawati, H., Zulfan, Z., & Dinansih, E. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Leuwihieum dalam Mengerjakan Soal Bertipe HOTS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i1.222

Jannah, R. (2021). Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. Iqtisodina, 4(1). https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/4961/3287

Krathwohl, D., & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. United Kingdom: Longman.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi (Kedua). Yokyakarta : BPFE Yokyakarta.

Pardede, O. B., Sinaga, E. A., Br Depari, A. W., & Gultom, R. J. B. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thingking) Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22027

Saragih, A., & Atmazaki. (2019). PROSIDING SEMINAR NASIONAL INDONESIA BERBASIS HOTS MENUJU. Balai Bahasa Sumatera Utara : Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, A, S., & Pandjaitan, L. L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, 978-602-1145-49–4, 146–153. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2184/1647

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan Membaca Dan Menulis. In Uki (Ed.), Convention Center Di Kota Tegal (1st ed., Vol. 4, Issue 80). Yogyakarta : K Media.

Vernon, F. (1982). Handbook of Creativity. Creativity: Retrospect and prospect. Journal of Creative Behavior, 5(1), 77–87.

Downloads

Published

2025-01-01