SPIRITUALITAS MUSIK DIDI KEMPOT "GODFATHER OF BROKEN HEART" DALAM PERSPEKTIF THEODOR W. ADORNO
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v14i1.67239Keywords:
Musik, Didi Kempot, Spiritualitas, Adorno, BudayaAbstract
Musik campursari yang diperkenalkan oleh Didi Kempot menjadi bentuk nyata terhadap hegemoni musik asing. Melalui karya- karya yang diciptakannya Almarhum berusaha untuk melihat lebih dekat pengalaman pribadi dan banyak orang menjadi sebuah seni yang dapat dinikmati bersama. Maka, musik Jawa pop yang diusungnya kerap bertemakan pengalaman dan persinggungannya dengan realita. Melalui metode kualitatif yang dikaji dalam sudut pandang kritis, melalui kajian netnografi dengan teori estetika music yang di gagas oleh Theodor W. Adorno, melalui; autonomi music, kritik kebudayaan massa, mimesis, estetika negatif, seni sebagai bentuk kritik sosial, dan musik sebagai contoh puncak seni, kita akan mendapatkan pengetahuan dan melihat dengan jernih bahwa spiritualitas musik yang dibawakan oleh Didi Kempot sarat dengan upaya menghadirkan pengalaman yang dibahasakan melalui nada dan bahasa. Spiritualitas music Didi Kempot bercermin dan bersandar pada keontetikan diri yang sungguh melihat kedalaman serta kedewasaan tangan dalam berkarya. Musik campursari adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban terhadap keragaman musik yang ada di tanah air dan ini menjadi salah satu kekayaan bangs akita terhadap seniReferences
Abdurahman, A. (2017). Walter Benjamin, Theodor Adorno dan Kuasa Budaya Populer. Https://Www.Kearipan.Com/. https://www.kearipan.com/benjamin-adorno-dan-kuasa-budaya-populer/
Affan, H. (2020). Didi Kempot meninggal dunia: Sang “pembaharu” musik rakyat campur sari di Indonesia. Https://Www.Bbc.Com/. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52541308
Andjani, K. (2022). Musik dan masyarakat : filsafat musik Theodor Adorno (1st ed.). Margin Kiri. https://lib.ui.ac.id/detail id=9999920521557&lokasi=lokal
Appolo. (2023). Theodor Adorno, Teori Estetika (1). Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/balawadayu/64b8c2e24addee46515e5d72/theodor-adorno-teori-estetika?page=2&page_images=1
Christianto, D. (2023). Lirik dan Makna Lagu Daerah “Cucak Rowo” dari Jawa Timur. Https://Www.Aboutmalang.Com/. https://www.aboutmalang.com/gaya-hidup/14210432026/lirik-dan-makna-lagu-daerah-cucak-rowo-dari-jawa-timur?page=2
Diananto, W. (2020). Terungkap, Didi Kempot Galang Dana Rp 7 Miliar untuk Korban Corona Covid-19. Https://Www.Liputan6.Com/. https://www.liputan6.com/showbiz/read/4246010/terungkap-didi-kempot-galang-dana-rp-7-miliar-untuk-korban-corona-covid-19
Ghufrony, A. (2022). Peningkatan Perekonomian Masyarakat Pesisir Melalui E-Business di Desa Dapenda Kecamatan Batang-batang. Jurnal Abdiraja, 5(UMKM). https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/ADR/article/view/1174
Herlina. (2018). Analisis Dampak Kualitas Persahabatan Pada Peningkatan Kinerja Dan Kebahagian Di Tempat Kerja Generasi Milenial. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 3(2). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=zjvxDTUAAAAJ&citation_for_view=zjvxDTUAAAAJ:IjCSPb-OGe4C
Hutagalung, P. C. N. (2022). Manfaat Musik Klasik Sebagai Media Relaksasi. Grenek: Jurnal Seni Musi, 11(1), 80–90.
Indari, A. (2023). Yuk Mengenal Teori Kritis dari Para Ahli. Https://Tambahpinter.Com/. https://tambahpinter.com/teori-kritis/
Mahadewi, J. (2023). Didi Kempot: Arti Kalung Emas Jadi Biru. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/junahemadevi5465/6588182c12d50f3ac206a552/didi-kempot-arti-kalung-emas-jadi-biru?page=2&page_images=1
Manuel, K. G. R. (2022). In the eyes of men: Analysis of men first impression formation on Tinder. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/3235
Moleong, J. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhtar, S. W. (2024). Strategi Konservasi Musik Angklung Masyarakat Kampung Naga di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Jurnal Resital, 25(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/11716/3768
Nasruloh, M. N. (2022). Budaya Patriarki dalam Rumah Tangga (Pemahaman Teks Al-Qur’an dan Kesetaraan Gender). Jurnal Yudisia; Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 13(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Yudisia/article/view/14325
Novarisa, G. (2019). Dominasi Patriarki Berbentuk Kkekerasan Simbolik terhadap Perempuan Dalam Sinetron. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(2).
Novianty, A. (2020). Memahami Makna Religiusitas/Spiritualitas pada Individu Dewasa Muda Melalui Photovoice. Jurnal Psikologi Integratif, 8(2), 61–79.
Nurrijal, A. (2021). Lirik dan Chord Lagu Eling Kowe dari Didi Kempot Baca artikel detikhot, “Lirik dan Chord Lagu Eling Kowe dari Didi Kempot” selengkapnya https://hot.detik.com/music/d-5762587/lirik-dan-chord-lagu-eling-kowe-dari-didi-kempot. Download Apps Detikcom Sekarang. Https://Hot.Detik.Com/. https://hot.detik.com/music/d-5762587/lirik-dan-chord-lagu-eling-kowe-dari-didi-kempot
Prasetya, D. (2023). Fenomena Thrifting Dari Kacamata Industri Budaya: Tinjauan Pemikiran Adorno dan Horkheimer. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi, 8(2). file:///C:/Users/HP/Downloads/4788-13699-1-PB.pdf
Prasetyo, Y. W. (2021). Gagasan Max Horkheimer dan Theodor Adorno mengenai Dialektika Pencerahan. Https://Jpicofmindonesia.Org/. https://jpicofmindonesia.org/2021/01/gagasan-max-horkheimer-dan-theodor-adorno-mengenai-dialektika-pencerahan/
Purnama, K. I. (2023). Mengenang Didi Kempot, Legenda Campursari Indone. Https://Seleb.Tempo.Co/. https://seleb.tempo.co/read/1815650/mengenang-didi-kempot-legenda-campursari-indonesia
Rachmad, T. H. (2020). Komunikasi Konsep Bekerja di Era Millenial: Analisis Kritis Perubahan Konsep Lapangan Pekerjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2.
Rahmawati, lindou putri. (2017). Eksistensi Musik Campursari Karya Didi Kempot. Jurnal Pendidikan Seni Musi, 6(1). file:///C:/Users/HP/Downloads/9588-21430-1-SM.pdf
Rania, N. A. (2020). Lirik dan Chord Lagu Cucak Rowo dari Didi Kempot. Kompas.Com. https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/23/184000166/lirik-dan-chord-lagu-cucak-rowo-dari-didi-kempot
Ratriani, V. R. (2020). Stasiun Balapan, Stasiun Tertua Kedua di Indonesia yang Jadi Lagu Hits Didi Kempot Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Stasiun Balapan, Stasiun Tertua Kedua di Indonesia yang Jadi Lagu Hits Didi Kempot”, Klik untuk baca: https://www.kompa. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/05/160300765/stasiun-balapan-stasiun-tertua-kedua-di-indonesia-yang-jadi-lagu-hits-didi?page=all
Rizal, J. G. (2021). Mengenal Apa Itu Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, Millenials, dan Alpha. Https://Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal-apa-itu-generasi-baby-boomers-x-y-z-millenials-dan-alpha
Sasongko, Y. P. D. (2018). Penerapan pemanfaatan teknologi ditinjau dari teori kepribadian moral. Psibernetika, 10(1). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i1.1042
Setiawan, Y. E. (2024). Metafora Konseptual dalam Praktik Musik Keroncong Vernakular. Jurnal Resital, 25(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/12479
Sindu. (2023). Bagaimana Pandangan dan Teori Adorno tentang Seni? Https://Www.Sindulin.Web.Id/. https://www.sindulin.web.id/2023/10/bagaimana-pandangan-dan-teori-adorno.html
Sindu. (2024). Teori Industri Budaya Menurut Theodore Adorno. Https://Www.Sindulin.Web.Id/. https://www.sindulin.web.id/2024/05/teori-industri-budaya-menurut-theodore.html
Soebagiyo, E. (2020). Humanisme Bagi Sesama – Menyingkap Akar Kekerasan Dalam Relasi Antarmanusia Dan Etika Tanggung Jawab Menurut Emmanuel Levinas. Prosiding Seri Filsafat Teologi, 30(Erika Sosial). https://eprosiding.stftws.ac.id/index.php/serifilsafat/article/view/18
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alvabetha CV.
Supriatma, M. (2020). Didi Kempot (1966-2020): Seniman Besar Pop Jawa. Https://Tirto.Id/. https://tirto.id/didi-kempot-1966-2020-seniman-besar-pop-jawa-flaJ
theodoradorno.weebly.com. (2024). Theodor W. Adorno Dalam Teori Kritis. Https://Theodoradorno.Weebly.Com/. https://theodoradorno.weebly.com/teori.html
Umami, S. R. (2023). 3 Tahun Maestro Penyanyi Campursari Didi Kempot Berpulang dan Hikayat Campursari. Https://Seleb.Tempo.Co/. https://seleb.tempo.co/read/1722416/3-tahun-maestro-penyanyi-campursari-didi-kempot-berpulang-dan-hikayat-campursari
Wattimena, R. A. . (2017). Mengurai Ingatan Kolektif Bersama Maurice Halbwachs, Jan Assmann dan Aleida Assmann dalam Konteks Peristiwa 65 di Indonesia. RumahFilsafat.Com. https://rumahfilsafat.com/2017/12/21/artikel-jurnal-ilmiah-terbaru-mengurai-ingatan-kolektif/
Wattimena, R. A. . (2019a). Agama, Religiositas dan Spiritualitas. RumahFilsafat.Com. https://rumahfilsafat.com/2019/09/09/agama-religiositas-dan-spiritualitas/
Wattimena, R. A. . (2019b). Protopia philosophia. Kanisius.
Wattimena, R. A. . (2021). Spiritualitas Uang. RumahFilsafat.Com. https://rumahfilsafat.com/2021/04/26/spiritualitas-uang/
Wattimena, R. A. . (2022). Yesus Lintas Peradaban: Yoga, Buddha dan Sufi Islam. Rumah Filsafat. https://rumahfilsafat.com/2022/03/14/buku-terbaru-yesus-lintas-peradaban-yoga-buddha-dan-sufi-islam/
Yazid, Y. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Jurnal RISALAH, 28(Lingkungan), 1. https://www.neliti.com/publications/484032/partisipasi-masyarakat-dalam-pemberdayaan-lingkungan
Zulfahmi, N. (2024). 7 Macam Nama Generasi dan Tahunnya, serta Perbedaan Karakteristiknya. Https://Www.Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7349623/7-macam-nama-generasi-dan-tahunnya-serta-perbedaan-karakteristiknya
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.