Penggunaan Padlet sebagai Media Pembelajaran Teks Cerpen di SMK Negeri 8 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v14i2.67838Keywords:
Media Ajar, Bahasa Indonesia, PadletAbstract
Guru dan siswa harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan saat ini karenakurikulum yang berkembang pesat dan kecepatan perkembangan teknologi, terutama dalam halpenggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Untuk meningkatkan keterlibatan siswa,penggunaan teknologi di kelas harus diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan keterlibatan siswa, berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim untukmemfasilitasi dan memaksimalkan pembelajaran melalui media Padlet. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik obervasi, dokumentasi, danwawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dalam membantu proses pembelajaran, guru dapatmemanfaatkan media Padlet untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.References
Adinda, A. 2022. Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII)
Vol.1, No. 6.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.
Barni, M. (2019). Tantangan pendidik di era milenial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99–
116. Retrieved from https://e-journal.iain-
palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1251/1037
Bustomi, Fahrudin, et al. 2024. Implementasi Media Padlet Dalam Pembelajaran Teks
Artikel Di Kelas 12 SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Semantik: Jurnal Riset Ilmu
Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, Vol. 2, No.4.
Dewi, Fajar Fitra, et al. 2024. Padlet Sebagai Media Pembelajaran Teks Kritik Sastra
Dan Esai Di SMAN 9 Semarang. Jurnal Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu
Pendidikan, Vol. 1 No. 4.
Jumaydi, M. C. (2020). Studi kasus penggunaan Padlet & Google Form pada
pembelajaran daring di SMPN 10 Pasuruan. 385–389.
Mufaridah, F., Hima, R., Kuntadirga, B. A., & Arillia, S. N. (2022). Media Padlet
sebagai teknologi pedagogik: Persepsi. 1(3).
Nofrion, N., Febriani, R. D., Utomo, E. P., Aziz, S. A., Yuca, V., & Purwanto, S.
(2022). Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola
interaksi dan aktivitas belajar daring menggunakan aplikasi Padlet. Dikmas:
10
Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 281.
https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.281-294.2022
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan
penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 20099–2104. Retrieved from
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf
Ridwan, A., Firmansyah, M. B., & Rosyidah, I. (2021). Pemanfaatan media sosial
sebagai media pembelajaran sastra di era digital. Prosiding Transformasi
Pembelajaran Nasional, 1. Retrieved from
https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/227/52.
Rohmatika, A, Puput A, Rangga M. P. 2020. Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada
Kelas Menulis. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa. Vol. 1, No. 2.
Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022).
Penggunaan aplikasi Padlet sebagai media pembelajaran daring pada mata kuliah
teknologi pendidikan (Studi kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan
Glasser, 6(1), 20. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352
Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content
Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional
Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 417–422.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenandamedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Citra Amelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.