Penggunaan Padlet sebagai Media Pembelajaran Teks Cerpen di SMK Negeri 8 Semarang

Authors

  • Citra Amelia Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v14i2.67838

Keywords:

Media Ajar, Bahasa Indonesia, Padlet

Abstract

Guru dan siswa harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan saat ini karenakurikulum yang berkembang pesat dan kecepatan perkembangan teknologi, terutama dalam halpenggunaan teknologi sebagai media pembelajaran. Untuk meningkatkan keterlibatan siswa,penggunaan teknologi di kelas harus diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan keterlibatan siswa, berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim untukmemfasilitasi dan memaksimalkan pembelajaran melalui media Padlet. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik obervasi, dokumentasi, danwawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dalam membantu proses pembelajaran, guru dapatmemanfaatkan media Padlet untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

References

Adinda, A. 2022. Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII)

Vol.1, No. 6.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Barni, M. (2019). Tantangan pendidik di era milenial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99–

116. Retrieved from https://e-journal.iain-

palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1251/1037

Bustomi, Fahrudin, et al. 2024. Implementasi Media Padlet Dalam Pembelajaran Teks

Artikel Di Kelas 12 SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Semantik: Jurnal Riset Ilmu

Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, Vol. 2, No.4.

Dewi, Fajar Fitra, et al. 2024. Padlet Sebagai Media Pembelajaran Teks Kritik Sastra

Dan Esai Di SMAN 9 Semarang. Jurnal Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu

Pendidikan, Vol. 1 No. 4.

Jumaydi, M. C. (2020). Studi kasus penggunaan Padlet & Google Form pada

pembelajaran daring di SMPN 10 Pasuruan. 385–389.

Mufaridah, F., Hima, R., Kuntadirga, B. A., & Arillia, S. N. (2022). Media Padlet

sebagai teknologi pedagogik: Persepsi. 1(3).

Nofrion, N., Febriani, R. D., Utomo, E. P., Aziz, S. A., Yuca, V., & Purwanto, S.

(2022). Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola

interaksi dan aktivitas belajar daring menggunakan aplikasi Padlet. Dikmas:

10

Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 281.

https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.281-294.2022

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan

penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 20099–2104. Retrieved from

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf

Ridwan, A., Firmansyah, M. B., & Rosyidah, I. (2021). Pemanfaatan media sosial

sebagai media pembelajaran sastra di era digital. Prosiding Transformasi

Pembelajaran Nasional, 1. Retrieved from

https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/227/52.

Rohmatika, A, Puput A, Rangga M. P. 2020. Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada

Kelas Menulis. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa. Vol. 1, No. 2.

Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022).

Penggunaan aplikasi Padlet sebagai media pembelajaran daring pada mata kuliah

teknologi pendidikan (Studi kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan

Glasser, 6(1), 20. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content

Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional

Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 417–422.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenandamedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-31