Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Bentuk Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik
Keywords:
Pendidikan, aspek sosial, Kecerdasan Emosional, Nilai PendidikanAbstract
Pendidikan seringkali menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa, sejauh mana suatubangsa berkembang dapat dilihat dari kualitas pendidikannya. Pendidikan di Indonesia,berupaya untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan yang ada di Indonesia,sejatinya tidak hanya proses mentransfer ilmu, tetapi juga proses mendidik, mengajarkan, danmembangun tiap individu menjadi pribadi yang berkualitas. Pendidikan yang baik yaitupendidikan yang menumbuhkan karakter positif pada peserta didik. Memberikan pemahamandan keseimbangan antara kompetensi akademik dengan kompetensi sosial emosional padapeserta didik. Karena kompetensi sosial emosional memiliki peran penting dan sangatbermanfaat bagi kelangsungan hidup seseorang, maka pendidikan memang sudah seharusnyamenerapkan pembelajaran sosial emosional di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitianini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran sosial emosional sebagai bentuk pendidikanyang berpihak pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studipustaka/literature dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data denganmengidentifikasi informasi, hasil dan gagasan utama dari literatur yang telah diakses. teknikpengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter, yaitu dengan cara menganalisis isidokumen berupa penelitian yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Sumber datapenelitian ini adalah hasil dari penelitian, buku dan artikel tentang subjek yang sama denganpenelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sosial emosional memberikandampak positif bagi perkembangan peserta didik, menjadikan peserta didik lebih fokus belajardan menumbuhkan kenyamanan, rasa bahagia ketika belajar. Pembelajaran sosial emosionaljuga meningkatkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi, berinteraksi, dan mengemukakanpendapat.References
Almubaroq, H. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Ancaman
Perang Modern (S. A. Purwantoro, Ed.). Indonesia Emas Grup.
Ana. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Pembelajaran Sosial
Dan Emosional Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. MEDIA DIDAKTIKA, 8(1).
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Tarmiji. Siregar, Ed.). K-Media.
Avandra, R., S, N., & Irdamurni. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi
Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP
Universitas Mandiri, 9(2), 5560–5570.
Erilia, E. (2024). Prinsip Pembelajaran yang Berpihak pada Murid & Konsepnya. Tirto.id.
Evi Natanti, S., Dwijayanti, I., Guru Sekolah Dasar, P., Pendidikan Profesi Guru, P., PGRI
Semarang Jl Sidodadi Timur Jalan Dokter Cipto No, U., Semarang Tim, K., Semarang,
K., & Tengah, J. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)
terhadap Karakteristik Peserta Didik Kelas II di SDN Kalicari 01. Journal on Education,
06(04), 19217–19244.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas
& studi kasus (Ruslan & E. Mahfud, Eds.; 1st ed.). CV Jejak.
Hermawati, V., Mashudi, & Sahlan, M. (2025). Dampak Pembelajaran Sosial Emosional
Terhadap Perkembangan Peserta Didik. EDUSHOPIA: Journal of Progressive
Pedagogy, 2(1), 120–126.
Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional:
Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. In Journal of
Education Research (Vol. 5, Issue 2).
Ika Tsary, D., & Retno Widarti, H. (2024). Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan,
Dan Pengelolaan Pendidikan, 4. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i9.2023.16
Jamaludin, J. (2024). 20 Karakteristik Pembelajaran Holistik (N. Duniawati, Ed.). Penerbit
Adab.
Larasanti, J., & Radiana, U. (2024). Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional Dalam
Pencegahan Kekerasan di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2).
Mustofa, N. H., & Sumardjoko, B. (n.d.). Pembelajaran Sosial Emosional di Sekolah
Penggerak SDN 3 Glinggangan Kecamatan Pringkuku Pacitan.
Nengah, N., Armini, S., & Hignasari, L. V. (2025). Penerapan PSE (Pembelajaran Sosial
Emosional) Dalam Mata Pelajaran Matematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Fokus
Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 5.
https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta
Nurmaya. G, A. L., Irsan, I., Sufinuran, S., & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan
Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring
(Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 943–953.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2062
Paridah, M., Ulfiyani, S., & Budiawan, R. Y. S. (2024). Strategi Komunikasi Iklan Layanan
Masyarakat di TVRI Jawa Tengah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan
Pengajarannya, 8(1), 120. https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8462
Rohmawati, L. I. S., Sudarsono, M., Firdaus, M., & Habsy Bakhrudin All. (2024). Menelaah
Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional dan Perwujudannya dalam Pendidikan Yang
Berpihak Pada Peserta Didik. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling
(MRGC), 3(1), 79–90. https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i1.12539
Rosa, L., Iskandar, I., & Islamiah, F. N. (2024). Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik
Kelas 2 UPT SPF SDN Labuang Baji 1 Kota Makassar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD
FKIP Universitas Mandiri, 10(3).
Septiwiharti, D. (2024). Filsafat Pendidikan (1st ed.). Prenada Media.
Yudi Sumertayasa, G., Gede Suwindia, I., Made Ari Winangun, I., Mpu Kuturan Singaraja,
S., Sosial Emosional, K., & Bahasa Indonesia, P. (2025). Integrasi Kompetensi Sosial
Emosional (KSE) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kubutambahan
Kata kunci. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , 8(1), 801–806.
http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mei Paridah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.