Pembelajaran Sosial Emosional sebagai Bentuk Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik

Authors

  • Mei Paridah Universitas Islam Sultan Agung

Keywords:

Pendidikan, aspek sosial, Kecerdasan Emosional, Nilai Pendidikan

Abstract

Pendidikan seringkali menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa, sejauh mana suatubangsa berkembang dapat dilihat dari kualitas pendidikannya. Pendidikan di Indonesia,berupaya untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan yang ada di Indonesia,sejatinya tidak hanya proses mentransfer ilmu, tetapi juga proses mendidik, mengajarkan, danmembangun tiap individu menjadi pribadi yang berkualitas. Pendidikan yang baik yaitupendidikan yang menumbuhkan karakter positif pada peserta didik. Memberikan pemahamandan keseimbangan antara kompetensi akademik dengan kompetensi sosial emosional padapeserta didik. Karena kompetensi sosial emosional memiliki peran penting dan sangatbermanfaat bagi kelangsungan hidup seseorang, maka pendidikan memang sudah seharusnyamenerapkan pembelajaran sosial emosional di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitianini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran sosial emosional sebagai bentuk pendidikanyang berpihak pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studipustaka/literature dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data denganmengidentifikasi informasi, hasil dan gagasan utama dari literatur yang telah diakses. teknikpengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter, yaitu dengan cara menganalisis isidokumen berupa penelitian yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Sumber datapenelitian ini adalah hasil dari penelitian, buku dan artikel tentang subjek yang sama denganpenelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sosial emosional memberikandampak positif bagi perkembangan peserta didik, menjadikan peserta didik lebih fokus belajardan menumbuhkan kenyamanan, rasa bahagia ketika belajar. Pembelajaran sosial emosionaljuga meningkatkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi, berinteraksi, dan mengemukakanpendapat.

References

Almubaroq, H. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Ancaman

Perang Modern (S. A. Purwantoro, Ed.). Indonesia Emas Grup.

Ana. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Pembelajaran Sosial

Dan Emosional Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. MEDIA DIDAKTIKA, 8(1).

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Tarmiji. Siregar, Ed.). K-Media.

Avandra, R., S, N., & Irdamurni. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi

Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP

Universitas Mandiri, 9(2), 5560–5570.

Erilia, E. (2024). Prinsip Pembelajaran yang Berpihak pada Murid & Konsepnya. Tirto.id.

Evi Natanti, S., Dwijayanti, I., Guru Sekolah Dasar, P., Pendidikan Profesi Guru, P., PGRI

Semarang Jl Sidodadi Timur Jalan Dokter Cipto No, U., Semarang Tim, K., Semarang,

K., & Tengah, J. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

terhadap Karakteristik Peserta Didik Kelas II di SDN Kalicari 01. Journal on Education,

06(04), 19217–19244.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas

& studi kasus (Ruslan & E. Mahfud, Eds.; 1st ed.). CV Jejak.

Hermawati, V., Mashudi, & Sahlan, M. (2025). Dampak Pembelajaran Sosial Emosional

Terhadap Perkembangan Peserta Didik. EDUSHOPIA: Journal of Progressive

Pedagogy, 2(1), 120–126.

Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional:

Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. In Journal of

Education Research (Vol. 5, Issue 2).

Ika Tsary, D., & Retno Widarti, H. (2024). Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan,

Dan Pengelolaan Pendidikan, 4. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i9.2023.16

Jamaludin, J. (2024). 20 Karakteristik Pembelajaran Holistik (N. Duniawati, Ed.). Penerbit

Adab.

Larasanti, J., & Radiana, U. (2024). Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional Dalam

Pencegahan Kekerasan di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2).

Mustofa, N. H., & Sumardjoko, B. (n.d.). Pembelajaran Sosial Emosional di Sekolah

Penggerak SDN 3 Glinggangan Kecamatan Pringkuku Pacitan.

Nengah, N., Armini, S., & Hignasari, L. V. (2025). Penerapan PSE (Pembelajaran Sosial

Emosional) Dalam Mata Pelajaran Matematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Fokus

Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 5.

https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Nurmaya. G, A. L., Irsan, I., Sufinuran, S., & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan

Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring

(Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 943–953.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2062

Paridah, M., Ulfiyani, S., & Budiawan, R. Y. S. (2024). Strategi Komunikasi Iklan Layanan

Masyarakat di TVRI Jawa Tengah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan

Pengajarannya, 8(1), 120. https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8462

Rohmawati, L. I. S., Sudarsono, M., Firdaus, M., & Habsy Bakhrudin All. (2024). Menelaah

Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional dan Perwujudannya dalam Pendidikan Yang

Berpihak Pada Peserta Didik. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling

(MRGC), 3(1), 79–90. https://doi.org/10.24176/mrgc.v3i1.12539

Rosa, L., Iskandar, I., & Islamiah, F. N. (2024). Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik

Kelas 2 UPT SPF SDN Labuang Baji 1 Kota Makassar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD

FKIP Universitas Mandiri, 10(3).

Septiwiharti, D. (2024). Filsafat Pendidikan (1st ed.). Prenada Media.

Yudi Sumertayasa, G., Gede Suwindia, I., Made Ari Winangun, I., Mpu Kuturan Singaraja,

S., Sosial Emosional, K., & Bahasa Indonesia, P. (2025). Integrasi Kompetensi Sosial

Emosional (KSE) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kubutambahan

Kata kunci. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , 8(1), 801–806.

http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Downloads

Published

2025-08-04