PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARIAS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 27 MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebelum menggunakan model ARIAS. (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS (3) untuk mengetahui apakah ada perubahan siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran ARIAS dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Data penelitian berupa nilai kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran ARIAS dan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diteliti bahwa hasil tes keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan menulis teks berita tersebut diketahui dari hasil siklus I dan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata hasil tes menulis teks berita sebesar 69 termasuk dalam kategori kurang baik, dan tidak memenuhi ketuntasan. Aspek-aspek menulis teks berita mengalami peningkatan mencapai ketuntasan belajar dan semua siswa juga mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes menulis teks berita sebesar 81 termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Teks Berita, ARIAS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v8i1.13120
Article Metrics
Abstract view : 401 timesPDF - 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Trisnawati Hutagalung, Toman Toman, Inayah Hanum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.