PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio-visual terhadap keterampilan menyimak isi beritaoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2016/2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan menyimak isi berita sebelum menggunakan media audio-visual masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 50,78 sedangkan setelah diadakan penerapan media audio-visual termasuk dalam kategoribaik dengan nilai rata-rata 76,05. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung> ttabelyaitu9,05 > 2,03pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media audio-visual berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Media Audio-Visual, MenyimakIsi Berita
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v6i2.7679
Article Metrics
Abstract view : 430 timesPDF - 232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Rizka Meilani Marpaung, Tangson R Pangaribuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.