MAKNA KONTEKSTUAL BAHASA IKLAN ROKOK DI TELEVISI
Abstract
Masalah yang dikemukakan adalah “Teks iklan rokok apa sajakah yang memiliki makna kontekstual, makna apa sajakah yang terkandung dalam teks iklan rokok tersebut“. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan teks iklan rokok yang memiliki makna kontekstual, menjelaskan makna yang terkandung dalam teks iklan rokok tersebut. Manfaat dalam penelitian ini adalah salah satunya dengan perkembangan ilmu bahasa periklanan khususnya kajian semantik akan diperoleh gambaran jelas mengenai makna kontekstual yang dibentuk oleh iklan rokok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, aktual, tajam, dan akurat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan semantik. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan cara rekam, simak dan catat. Dalam menganalisis penulis menggunakan beberapa tahap yaitu mengumpulkan data, pengklasifikasian data, mencatat data pada kartu data, menganalisis dan mengambil simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan sarana penyampain suatu produk terhadap khalayak. Bahasa dalam iklan ini dikatakan sebagai bahasa iklan yang tidak terlepas dari faktor sosial dan situasional seperti halnya iklan rokok yang slogannya tidak ada keterkaitannya dengan rokok. Penayangan iklan rokok di Televisi di tampilkan pada malam hari dimulai sekitar pukul 22.00 WITA. Alasan yang paling mendasar dari penayangan tersebut karena tontonan tersebut diperuntukkan khusus untuk orang dewasa.
Kata Kunci: Iklan, Televisi, Iklan Televisi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v7i1.9484
Article Metrics
Abstract view : 666 timesPDF - 6035 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Suryanti Suryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.