STANDARISASI PENILAIAN ENAM TUGAS OLEH DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEEDAN

Frinawaty L Barus, Sanggup Barus, Salmah Naelofaria

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standarisasi penilaian enam tugas (tugas rutin, critical book report, critical jurnal review, mini riset, rekayasa ide, dan projek) di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan mata kuliah yang dianilisis yaitu: Pengantar Ilmu Sastra, Pengantar Ilmu Bahasa, Keterampilan Bahasa Produktif, Keterampilan Bahasa reseptif, Fonologi, Literasi Bahasa Indonesia, Genre Sastra di Sekolah, dan Pengajaran Sastra Nusantara (mewakili KDBK ) belum memiliki standarisasi penilaian berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri Medan. Untuk sistematika pengerjaan tugas dan penilaian dari keenam tugas tidak tercantum dalam RPS (Rencana Pembelajaran Semester). Sedangkan untuk penerapan enam tugas, kompetensi yang diharapkan, dan waktu pengumpulan tugas sudah dimuat dalam RPS. Penilaian yang dimuat dalam RPS seharusnya berpedoman pada kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak universitas dan dapat dikolaborasi berdasarkan kebutuhan setiap mata kuliah.

Kata Kunci: Standarisasi Penilaian dan Enam Tugas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v7i1.9485

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 935 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.