Pengaruh Metode Copy The Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas X SMA Nusantara LubukPakam Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada Pengaruh Metode
Copy The Master terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X
SMA Nusantara LubukPakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nusantara LubukPakam
yang berjumlah 207 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini
sebanyak 34 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Metode penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan model one group pre-testand post-test
design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam
bentuk essai, peneliti menugaskan siswa untuk menulis cerpen. Dari hasil
analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara sebelum mendapat
perlakuan dan sesudah mendapat pelakuan pada siswa kelas X SMA
Nusantara LubukPakam. Tanpa menggunakan metode CopyThe
Mastermemiliki Mean =63,67 Standar Deviasi = 6,57 dan Standar Error =
1,22. Metode Copy The Mastermemiliki Mean = 78,50 Standar Deviasi =
6,60 dan Standar Error = 1,23. Berdasarkan perhitungan uji normalitas,
deketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1540 dan Lt
(Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0,1540<0,1610. Hal ini
membuktikan bahwa data dari kelompok X berdistribusi normal, Pada Y
diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1090 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata
Lhitung< Ltabel yaitu 0,1090<0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data dari
kelompok Y berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan taraf
signifikan á = 0,05 menggunakan uji “t” dimana thitung > ttabel (8,57 > 2,04)
pada taraf signifikan 5% dan (8,57 > 2,04) pada taraf signifikan 1%, maka
hipotesis nihil (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat
disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Copy The Masterterhadap
kemampuan menulis cerpen lebih efektif.
Kata Kunci : Metode Copy The Master, Menulis Cerita Pendek
Copy The Master terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X
SMA Nusantara LubukPakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nusantara LubukPakam
yang berjumlah 207 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini
sebanyak 34 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Metode penelitian ini
adalah metode eksperimen dengan model one group pre-testand post-test
design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam
bentuk essai, peneliti menugaskan siswa untuk menulis cerpen. Dari hasil
analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara sebelum mendapat
perlakuan dan sesudah mendapat pelakuan pada siswa kelas X SMA
Nusantara LubukPakam. Tanpa menggunakan metode CopyThe
Mastermemiliki Mean =63,67 Standar Deviasi = 6,57 dan Standar Error =
1,22. Metode Copy The Mastermemiliki Mean = 78,50 Standar Deviasi =
6,60 dan Standar Error = 1,23. Berdasarkan perhitungan uji normalitas,
deketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1540 dan Lt
(Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0,1540<0,1610. Hal ini
membuktikan bahwa data dari kelompok X berdistribusi normal, Pada Y
diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1090 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata
Lhitung< Ltabel yaitu 0,1090<0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data dari
kelompok Y berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan taraf
signifikan á = 0,05 menggunakan uji “t” dimana thitung > ttabel (8,57 > 2,04)
pada taraf signifikan 5% dan (8,57 > 2,04) pada taraf signifikan 1%, maka
hipotesis nihil (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat
disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Copy The Masterterhadap
kemampuan menulis cerpen lebih efektif.
Kata Kunci : Metode Copy The Master, Menulis Cerita Pendek
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i2.967
Article Metrics
Abstract view : 451 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Amalia Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.