PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
demonstrasi bisu (silent demonstration) terhadap kemampuan menulis cerpen
siswa kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain post-test only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes produk
dalam bentuk penugasan menulis cerpen. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol
(Ekspositori) adalah 65,66, sedangkan untuk post-test kelas eksperimen (Silent
Demonstration) adalah 79,9. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata
kemampuan menulis cerpen siswa dengan menerapkan model Silent Demonstration
lebih tinggi dari pada nilai menulis cerpen siswa dengan menerapkan model
ekspositori
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Dari perhitungan uji
hipotesis diperoleh t hitung = 6,71, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikasi 5 % = 2,01. Karena t hitung = 6,71 > t tabel = 2,01 maka hipotesis nihil (H
o ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini membuktikan
bahwa model silent demonstration mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswa
kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah.
Kata Kunci:Model Silent Demonstration, Menulis Cerpen.
demonstrasi bisu (silent demonstration) terhadap kemampuan menulis cerpen
siswa kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain post-test only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes produk
dalam bentuk penugasan menulis cerpen. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol
(Ekspositori) adalah 65,66, sedangkan untuk post-test kelas eksperimen (Silent
Demonstration) adalah 79,9. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata
kemampuan menulis cerpen siswa dengan menerapkan model Silent Demonstration
lebih tinggi dari pada nilai menulis cerpen siswa dengan menerapkan model
ekspositori
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Dari perhitungan uji
hipotesis diperoleh t hitung = 6,71, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikasi 5 % = 2,01. Karena t hitung = 6,71 > t tabel = 2,01 maka hipotesis nihil (H
o ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini membuktikan
bahwa model silent demonstration mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswa
kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah.
Kata Kunci:Model Silent Demonstration, Menulis Cerpen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i2.970
Article Metrics
Abstract view : 162 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Mustika Wati Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.