PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Vera Puspita Liangsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Learning
Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMA Prayatna
Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013, yang berjumlah 216 orang dengan
sampel sebanyak 31 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu
kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum
eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen
disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.
Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 65,90, standar deviasi 7,03 dan
termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik
sebanyak 35,48%, kategori cukup sebanyak 58,06%, katagori kurang 6,45%. Hasil post-test
memiliki rata-rata 78,96, standar deviasi 6,11 dan termasuk dalam empat kategori, yaitu
kategori sangat baik sebanyak 22,58%, kategori baik sebanyak 70,96%, kategori cukup
sebanyak 6,45%, dan kategori kurang sebanyak 0%.
Berdasarkan uji normalitas pre-test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,1324. Ternyata
Lhitung <Ltabel yaitu 0,1101<0,1593. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran
menulis paragraf deskripsi dengan model Learning Cycle berdistribusi normal. Post-test
memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,1324. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,136 <0,1593. Hal ini
membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan model
Learning Cyclei berdistribusi normal.
Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang diteliti diperoleh Fhitung =1,32 dan
Ftabel = 1,84. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Hasil
perhitungan uji ”t” diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 3,55 > 2,04. Perhitungan uji
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model
Learning Cycle berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi
siswa kelas X SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Pengaruh Learning Cycle Menulis Paragraf Deskripsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i2.971

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Vera Puspita Liangsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.