HUBUNGAN PENGUASAAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XII SMK SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Nanda Maita F.G

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan
membaca pemahaman dengan kemampuan memahami artikel siswa
kelas XII SMK Swasta Josua Medan tahun pembelajaran
2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII SMK Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Sampel penelitian ini terdiri dari 33 siswa yang diambil dengan
menggunakan teknik random.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini
adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 25 item untuk
penguasaan teori membaca pemahaman dan test essay dengan
jumlah soal 6 item untuk kemampuan memahami artikel. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dari pearson
Dari perhitungan korelasi product moment dengan angka kasar
diperoleh koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0,724,
sedangkan rtabel dengan N = 33 dan taraf signifikansi 5% sebesar
0,344. Dengan demikian harga rxy > rtabel (0,724> 0,344). Oleh
karena itu, hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat
hubungan yang signifikansi antara Tes Penguasaan Membaca
Pemahaman (X) terhadap Kemampuan Memahami Artikel (Y),
dapat diterima dan teruji kebenarannya.
Kata kunci : hubungan, kemampuan, membaca, artikel

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i1.984

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.