EFEKTIVITAS METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Yumisnaini Yumisnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok
(Group Investigation) terhadap Kemampuan Menulis Artikerl oleh Siswa Kelas XI SMA
Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sehubungan dengan itu masalah yang
diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis artikel yang menggunakan model
pembelajaran Investigasi Kelompok, kemampuan menulis artikel sesudah menggunakan
model pembelajaran Ekspositori, dan efektivitas Investigasi Kelompok dibandingkan dengan
pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis artikel oleh siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun
Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 180 orang.Sampel penelitian ini diambil 30 siswa
dengan teknik acak kelas, yakni kelas I-IPA 1.Selanjutnya sampel dibagi dua yaitu 15 siswa
kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol.Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik proporsional random sampling (sampel berimbang).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau
teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada
suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk penugasan
secara tertulis.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis artikel yang
menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1
Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah baik dengan nilai rata-rata 81,00.
Kemampuan menulis artikel yang menggunakan pembelajaran Ekspositori oleh siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah cukup dengan nilai
rata-rata 68,67. Selanjutnya penggunaan model pembelajaran Investigasi Kelompok efektif
diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 1
Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Ini terlihat dari hasil perhitungan uji t diperoleh
nilai t hitung t tabel (0,05), yakni 5,41 > 2,00.
Kata kunci :Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap
Keterampilan Menulis Artikel

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i1.986

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.