PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
ROPES l terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 325 siswa.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen
dengan random sampling (acak) kelas. Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen.
Kata kunci : Pengaruh-Model Pembelajaran ROPES-Menulis Cerpen
ROPES l terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 325 siswa.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen
dengan random sampling (acak) kelas. Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen.
Kata kunci : Pengaruh-Model Pembelajaran ROPES-Menulis Cerpen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i2.988
Article Metrics
Abstract view : 261 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Dame Yanti C.Silitonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.