Peranan Mahasiswa dan Lembaga dalam Membangun Toleransi Keragaman Budaya di Sekolah Tinggi Theologia Biblika Jakarta

Enny Irawaty

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari hubungan antara peranan lembaga dan mahasiswa dalam membangun toleransi keragaman budaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari hubungan antara peranan mahasiswa dan lembaga dalam membangun toleransi keragaman budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yakni uji analisis regresi berganda, uji validitas, dan uji reabilitas. Penelitian ini dilakukan di STT Biblika Jakarta. Pengambilan data, peneliti menggunakan 2 jenis kuisioner untuk 2 variabel yang diteliti. Setiap kuisioner terdapat 20 item pertanyaan, dengan skala linkert; Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 – 15 November 2019 di STT Biblika Jakarta. Sampel yang digunakan berjumlah 30 mahasiswa dari semester 1 sampai semester 8. Jenis kelamin responden yakni pria dan wanita. Usia para responden antara 19 – 30 tahun, dengan asal daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Nias, Kalimantan Barat, Halmahera, Mentawai dan Sumatra Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa di STT Biblika Jakarta memiliki tingkat kesadaran yang rendah dalam menghargai dan memahami keragaman budaya. Peran lembaga STT Biblika Jakarta meliliki pengaruh sebesar 97,3% terhadap tingkat kesadaran pada mahasiswa dalam menghargai dan memahami keragaman budaya.


Keywords


Peranan, Sekolah, Lembaga, MambangunToleransi, Keragaman Budaya

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, M. Y., & Gunawati, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi terhadap Sikap Toleransi Siswa pada Kompetensi Dasar Menghargai Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Educitizen, 2(2).

Anwar, S., Kudadiri, S., & Wijaya, C. (n.d.). Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara sebagai Agents of Social Change. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(2), 179–187.

Bahari, 2010 .Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan Jakarta.

Fariza, E. (n.d.). Pengaruh Kepribadian Terhadap Motivasi Akademik, Efikasi Diri, Dan Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember.

Fuad, N. (2015). Penanaman Toleransi Beragama pada Anak Melalui Pendidikan. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 2(1), 252.

Goleman, D. (2006). Emotional intelligence. Bantam.

Hendropuspito, D. (n.d.). OC. 1989. Sosiologi Sistematik. Yogyakarta: Kanisius.

Hornby, A. S., & Cowie, A. P. (1995). Oxford advanced learner’s dictionary (Vol. 1430). Oxford university press Oxford.

Kinloch, G. C. (2005). Sociological Theory: Development and Major Paradigm. Bandung: Pustaka Setia.

Kuswara, G. B. (2015). Faktor Internal Mahasiswa Dan Citra Unit Kegiatan Mahasiswa Bandung Santo Club Dalam Menentukan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Secara Aktif Unit Kegiatan Mahasiswa Bandung Santo Club Di Universitas Widyatama. Universitas Widyatama.

Luth, T. (2002). Masyarakat madani: solusi damai dalam perbedaan. Mediacita.

Magnis-Suseno, F. (1998). Mencari makna kebangsaan. Penerbit Kanisius.

Marzuki, M. (2006). Dari Nalar Fikih Menuju Nalar Undang-Undang (Transformasi Hukum Islam Ke Dalam Legislasi Nasional). HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 3(1), 13–28.

Nawawi, H. (1985). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: PT. Gunung Agung.

Oktriany, W. H., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi Dengan Model Charlotte Danielson. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 24–36.

Samani, M. (2010). Panduan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Tice, D. M., Bratslavsky, E., & Baumeister, R. F. (2001). Emotional distress regulation takes precedence over impulse control: If you feel bad, do it! Journal of Personality and Social Psychology, 80(1), 53.

https://azanulahyan.blogspot.com/2017/05/fungsi-dan-peran-kelembagaan-dalam-mengelola-keragaman.html

https://moondoggiesmusic.com/keragaman-budaya-indonesia/

https://www.retorika.id/info-kampus_2017-05-18_membangun-sikap-toleransi-ditengah-keberagaman.html

http://bermula.wordpress.com/ 2008/06/25/menggugat-intelektualisme-mahasiswa/.




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v6i1.17628

Article Metrics

Abstract view : 2300 times
PDF - 1521 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)
slot gacor slot