Tren Museum Date: Perilaku Pemanfaatan Ruang Sosial dalam Perspektif Antropologi

Tuffana Farasabila, Jajang Gunawijaya

Abstract


Museum seringkali dianggap sebagai tempat memajang koleksi tertentu dengan suasana yang membosankan. Namun saat ini museum mulai dilirik sebagai tujuan rekreasi, salah satu bentuknya adalah museum date yang saat ini banyak dilakukan oleh generasi Z. Museum date merupakan kegiatan kencan dengan cara mengunjungi museum dan menikmati koleksinya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi bentuk kuasa museum dan agen-agen pendukungnya di balik berkembangnya tren kunjungan dan bagaimana inovasi tata pameran dapat meningkatkan minat berkunjung ke museum. Studi yang menggunakan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam ini menemukan bahwa museum date merupakan momen penciptaan pengalaman unik antara pengunjung dan koleksi yang dipamerkan dengan suasana tertentu, dan tata pameran yang inovatif berdampak pada minat kunjungan serta berpotensi mempengaruhi gaya hidup generasi Z. Selain itu, studi ini memberikan wawasan yang lebih baik kepada museum tentang pentingnya inovasi dalam transfer pengetahuan sejarah untuk menciptakan pengalaman baru bagi pengunjung dalam menikmati museum.

 

A museum is frequently considered an unexciting space to display a particular collection. These days, the museum has made a unique way to interest as a recreation place. Museum-date has been quite a favored activity for gen-Z lately. It is dating activities by visiting museums and enjoying their collections. This research explores its strengths and the supporting agents behind developing the museum’s visit trends and proves that the developed innovation can increase visitors’ interest in visiting the museum. Based on the study method, which conducts observation and depth interviews, museum-date bears a remarkable experience among visitors and displayed-collection in the incredible moment and impacted, innovative exhibition arrangement on visitors’ interest, potentially affecting gen-Z’s lifestyles.


Keywords


Museum; Museum Date; Kuasa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v8i2.40840

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 477 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)