METODE ANSAMBLE KEYBOARD SALAH SATU CARA MUDAH BERMAIN PIANO

Hirza Herna

Abstract


Piano satu-satunya alat musik yang memiliki jangkauan wilayah nada yang sangat luas mencakup tujuh oktaf bahkan bisa lebih sehingga Piano disebut sebagai the king orchestra sedangkan sebagai the quent orchestra adalah biola. Piano memiliki suara yang sangat indah, piano mampu memproduksi suara yang sangat lembut (pp=pianissimo), bahkan mampu memproduksi suara yang sangat kuat (fff=fortessissimo). Tehnik bermain piano seperti trilling, grupeto, morden, glissando dan lain sebagainya dapat dengan mudah dimainkan pada piano, yang dibutuhkan hanyalah kelincahan jari pada tuts piano saja. Memainkan piano tidaklah semudah yang kita bayangkan, dibutuhkan keseriusan tingkat tinggi, kedisiplinan tingkat tinggi, jam latihan yang banyak, kesabaran dan lain sebagainya. Jam latihan yang banyak ini merupakan salah satu kendala bagi para pemain piano. Metode ansamble keyboard adalah salah satu bentuk pembelajaran kreatifitas, membantu para pemain piano untuk bisa bermain piano secara efektif dan efisien. Cara bermainnya secara berpasangan dan bergantian pada tangan kanan dan kiri (kunci G dan kunci F) dengan menggunakan dua buah alat musik keyboard. Tujuan tulisan ini untuk membantu para pemain piano supaya mampu belajar piano secara cepat. Metode ansamble keyboard suatu pembelajaran kreatifitas sudah diujicobakan terhadap beberapa orang mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed, Metode ansamble keyboard sangat baik digunakan untuk para pemain piano khususnya pemula.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v29i3.12214

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 1541 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hirza Herna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594