PENDEKATAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ASING

Marice Marice

Abstract


Seseorang yang mempelajari bahasa asing tidak akan mampu melakukan komunikasi dalam bahasa asing yang dipelajarinya tanpa penguasaan kosakata yang baik.Memiliki kosakata yang memadai dan bisa digunakan untuk berkomunikasi bukan suatu hal yang gampang. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi pembelajar bahasa asing terkait dengan penguasaan kosakata seperti apa yang diungkapkan Johson (2001) adalah apa yang disebut dengan kolokasi (collocation), yaitu cara penggunaan kata-kata secara bersama-sama yang benar sesuai dengan konvensi yang ada. Terdapat beberapa pendekatan untuk mengajarkan kosakata baru dengan baik yang bisa dijadikan landasan dalam pengajaran bahasa asing, yaitu belajar secara jaringan, belajar dengan mengaktifkan semua indera, belajar secara individual.Pengajaran kosakata juga harus dengan latihan-latihan yang tepat , antara lain latihan identifikasi, substitusi, melengkapi, perluasan, dan transformasi. Sementara itu terdapat bentuk alternative lain dalam proses belajar pengajaran kosakata, yaitu penyampaian kosakata dengan table, pencatatan di buku catatan, kartu kosakata, dan peta konsep (mind map).

 

Kata Kunci : strategi pengajaran kosakata, tekni-tenik pengajaran kosa kata.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH%20XXXV.2406

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Marice Marice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594