PENGGUNAAN MULTI MEDIA DALAM PENYUSUNAN ALUR PEMBELAJARAN TARI, MHS ANGKATAN 2008/2009, PROG. STUDI SENI TARI JUR. SENDRATASIK)

Yusnizar Heniwaty

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah metodologi pengajaran seni, dengan menggunakan konsep metodologi yang disesuaikan dengan tujuan penidikan seni di sekolah umum. Konsep pembelajaran ini mengutamakan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan untuk dikembangkan.

Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada mata kuliah tari pendidikan, dilaksanakan dengan mempokuskan pelajaran pada siswa. Di sini system SCL lebih diutamakan, guru hanya bertindak sebagai motifator, fasilitator, mediator, inspirator dalam pentransferan ilmu kepada siswa.  Proses pembelajaran ini dinamakan dengan pembelajaran  metode kreatif, menggunakan media CD dan kartu pos sebagai alat bantu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Pengajaran dengan menggunakan CD dan kartu pos menjadikan mahasiswa lebih mudah memahami materi, sehingga mahasiswa dapat berekspresi dan berapresiasi khususnya materi tradisi sesuai dengan tuntutan sekolah b) mahasiswa dapat menusun alur pembelajaran dalam bentuk mapping dan model-model pembelajaran dengan bentuk mapping lebih memudahkan  dalam penerapan dikelas.

 

Keyword: metide kreatif, penstrasnferan ilmu, mapping


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i85%20TH%2037.3111

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Yusnizar Heniwaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594