HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ONAN RUNGGU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan menganalisis teks opini dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa/i SMA Negeri 1 Onan Runggu yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yaitu tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dan tes essai yaitu menulis paragraf argumentasi. Metode eksperimen yaitu dengan metode deskriptif korelasional.
Nilai rata-rata kemampuan menganalisis teks opini=79,37; standar deviasi= 8,00; dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf argumentasi= 72,5; standar deviasi= 4,53. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh th sebesar= 2,557, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar= 1,697. Karena th yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,557>1,697 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i2.10064
Article Metrics
Abstract view : 275 timesPDF - 420 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Kristiani Gultom, Biner Ambarita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.