ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM2013 REVISI 2017 DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK FOG INDEKSSISWA KELAS VIIISMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 dengan menggunakan teknik Fog Indeks siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan teknik tes.Tes yang digunakan adalah tes FogIndeks. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 dengan menggunakan teknik Fog Indeks siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 memiliki nilai rata-rata Fog Indeks 3.53 termasuk dalam tingkat keterbacaan tinggi, yakni mudah dipahami oleh siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i3.10716
Article Metrics
Abstract view : 619 timesPDF - 2696 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Irwandi Silalahi, Fitriani Lubis
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.